TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Layanan Data Terganggu, Telkom dan Telkomsel Minta Maaf

Petir dan terputusnya fiber optik menjadi penyebab gangguan ini.
Layanan Data Terganggu, Telkom dan Telkomsel Minta Maaf
BTS Telkomsel (Telkomsel)

VIVA.co.id – Hari ini, pelanggan Telkomsel mengeluhkan layanan data yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mereka mengeluhkan adanya gangguan terhadap jaringan data Telkomsel.

Dalam keluhan yang dilayangkan di Twitter, beberapa pelanggan menyebut jika layanan internet Telkomsel tidak mampu digunakan untuk browsing atau membuka akun sosmed.

Pihak Telkomsel mengakui, adanya gangguan jaringan di beberapa wilayah layanan pada hari ini. Gangguan tersebut menyebabkan penurunan kualitas layanan komunikasi, khususnya data.

"Kami menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya  atas gangguan jaringan yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelanggan. Saat ini kami terus berupaya maksimal untuk memperbaiki dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar gangguan dapat diatasi dan kembali normal," ujar VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, dalam keterangannya, Kamis 20 April 2017.

Keluhan yang dilayangkan melalui Twitter juga menyebut, jika ternyata gangguan ini tidak hanya dialami oleh jaringan Telkomsel, tetapi juga Telkom, khususnya Indihome. Sepertinya, gangguan terjadi pada jaringan Telkom yang mengakibatkan Telkomsel juga ikut mengalami hal serupa.

"Sehubungan dengan adanya gangguan link Jakarta-Batam akibat putusnya fiber optik antara Rengat dan Sorek di Propinsi Riau serta gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam akibat terganggunya perangkat di Batam yang terkena petir, di mana keduanya berdampak pada penurunan kualitas layanan internet Telkom Group, bersama ini PT Telkom Indonesia Tbk menyampaikan permohonan maaf ke segenap pelanggan dan masyarakat yang mengalami penurunan kualitas layanan ini," ujar pihak Telkom.

Gangguan terjadi hanya pada layanan data dan tidak berpengaruh pada layanan suara, atau telepon. 

"Upaya perbaikan gangguan tengah kami lakukan semaksimal mungkin dengan melakukan penyambungan kembali kabel fiber optik yang terputus, serta perbaikan perangkat di Batam. Selain itu juga upaya tambahan dengan memperbesar bandwith di jalur lain yang saat ini masih beroperasi dengan normal. Diharapkan, layanan akan normal kembali secepatnya," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP