TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

BMKG Prediksi Hujan Es akan Sering Terjadi April Ini

Hujan es disertai angin kencang dan petir.
BMKG Prediksi Hujan Es akan Sering Terjadi April Ini
Sisa hujan es di Bandung (Twitter/@dygpt)

VIVA.co.id – Hujan es mengguyur Bandung pada Rabu siang, 19 April 2017. Fenomena itu disertai angin kencang dan petir sehingga membuat heboh warga Kota Kembang. Dampaknya, beberapa pohon tumbang, papan reklame roboh, sementara es terkumpul di permukaan. Sebelumnya, Bandung telah dilanda hujan es pada pertengahan Maret lalu.

Terkait fenomena itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, hujan es terjadi karena aktivitas lingkungan atmosfer lokal yang berada pada suhu dingin dipadu dengan massa uap air yang cukup basah. Kondisi ini membuat kondensasi pada siang sampai sore hari ini. 

"Hujan es itu sebenarnya saat jatuh dalam bentuk air. Namun ketika di lingkungan atmosfer, air masuk ke suhu yang lebih dingin sehingga terjadi proses freezing (pendinginan), sebelum akhirnya jatuh ke permukaan," jelas Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra dihubungi VIVA.co.id, Rabu 19 April 2017. 

Dia mengatakan, saat air hujan masuk lingkungan atmosfer di sekitar Bandung, suhunya di bawah nol derajat celsius sehingga air hujan itu membeku dan berubah bentuk menjadi es. 

Agie menuturkan, fenomena hujan es di Indonesia merupakan hal yang biasa dan umumnya terjadi pada periode Maret sampai April, saat peralihan musim dari kemarau ke hujan. 

Peralihan musim dan aktivitas atmosfer labil merupakan karakteristik khas daerah tropis. Dia menuturkan, pada kondisi itu, pemanasan dari Matahari bisa berdampak membuat cuaca lebih cepat terjadi. 

Makanya, seringkali ditemui hujan deras dalam waktu singkat disertai angin kencang dan kadang disertai hujan es. 

"April (potensi hujan es) itu bakal terus terjadi," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP