TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

10 Tahun Lagi, Facebook Kuasai Semua Bisnis Teknologi

Mulai dari smartphone, internet sampai Augmented dan Virtual Reality.
10 Tahun Lagi, Facebook Kuasai Semua Bisnis Teknologi
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg  (Reuters/Mariana Bazo)

VIVA.co.id – Dengan banyaknya pengguna Facebook, platform media sosial itu memiliki banyak uang untuk bisa membuat terobosan apa saja. Tidak heran jika kemudian pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yakin jika tren penggunaan smartphone akan mulai usang satu dekade ke depan.

Dalam konferensi para developer, F8, Zuckerberg mengungkap ambisinya dalam 10 tahun ke depan. Presentasi yang ditampilkan menunjukkan bahwa Facebook berencana untuk masuk ke bisnis artificial intelligence, koneksi internet, serta virtual dan augmented reality.

facebook f8 roadmap

Tahap awal, dilansir Business Insider, Zuckerberg kemungkinan akan mulai dengan augmented reality terlebih dahulu. Dalam konferesi F8 itu, dia menampilkan sebuah platform efek kamera, mirip dengan yang dimiliki Snapchat. Platform ini terbuka dan bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis augmented reality melalui aplikasi kamera di Facebook. Formatnya sangat mirip dengan Pokemon Go.

Rencana berikutnya, Facebook akan berkompetisi dengan Google dan Apple dalam menggarap pasar aplikasi. Zuckerberg akan khusus membuat aplikasi dan platform yang tidak mengandalkan toko aplikasi di smartphone. Zuckerberg memang masih kecewa dengan kegagalannya membuat sistem operasi smartphone sendiri.

Untuk tahap selanjutnya, inilah yang digadang akan membuat zaman smartphone berubah. Dalam 10 tahun ke depan, Facebook akan membuat perangkat yang bisa dikenakan (wearable), yang akan memiliki multifungsi.

"Ke depan, kita tidak perlu TV seperti yang ada sekarang. Kita bisa membeli aplikasi TV dengan harga US$1 lalu menempelkan aplikasi itu di dinding untuk kita tonton. Ini merupakan terobosan yang luar biasa, menyadarkan kita jika perangkat apapun tidak selalu harus dimiliki dalam bentuk fisik," ujar Zuckerberg.

Untuk mengimplementasikan ini, Facebook telah membuat prototipe perangkat mirip kacamata. Perangkat ini bisa memberikan tampilan virtual akan objek yang ingin kita lihat. Secara tidak langsung, kacamata ini bisa menggantikan fungsi apapun dari perangkat yang memiliki layar. Tidak hanya TV tapi juga smartphone, smartwatch, tablet, sampai fitness tracker. 

Lihat video augmented reality ala Mark Zuckerberg di sini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP