TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ilmuwan Klaim Berhasil Ciptakan Perangkat Telepati

Melalui helm electroencephalogram (EEG).
Ilmuwan Klaim Berhasil Ciptakan Perangkat Telepati
Alat pembaca pikiran (DailyMail.uk/ Tim Parker)

VIVA.co.id – Perangkat yang bisa membaca pikiran orang ternyata akan terwujud dalam waktu dekat. Keyakinan ini diperkuat setelah sekelompok ilmuwan mengklaim telah berhasil menciptakan perangkat telepati yang mirip helm dan bisa digunakan oleh manusia, terutama yang memiliki sindrom 'menyendiri'.

Dilansir melalui Independent.co.uk, sistem tersebut diklaim telah 90 persen berhasil mengenali angka dari satu sampai sembilan. Sementara itu, untuk mengenali satu suku kata tunggal, bukti keberhasilannya mencapai 61 persen.

Keberhasilan itu diungkap oleh ilmuwan dari Toyohashi University of Technology di Jepang. Mereka mengklaim perangkat itu efektif membaca pikiran orang lain yang dihantarkan melalui gelombang frekuensi ke otak. Bahkan, para ilmuwan optimistis untuk bisa mengoperasikannya di masa depan melalui aplikasi smartphone, tepatnya lima tahun yang akan datang.

Perangkat yang diberi nama electroencephalogram (EEG) itu digunakan untuk memantau gelombang otak manusia saat mereka bicara. Gelombang otak kemudian dicocokkan dengan suku kata dan angka, menggunakan mesin pembelajaran, yang biasanya diproses untuk mengembangkan kecerdasan rekayasa.

Ke depan, para ilmuwan ini berencana membuat antarmuka otak komputer yang bisa mengenali kata dari pikiran pengguna, bukan melalui nada bicara. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP