TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Intip Sistem Operasi Indonesia Terbaru Besutan Advan

Beberapa fitur baru memudahkan aktivitas mobile pengguna.
Intip Sistem Operasi Indonesia Terbaru Besutan Advan
Advan G1 (Viva.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Vendor smartphone lokal, Advan, merilis sistem operasi buatan anak negeri terbaru, yakni Indonesia Operating System atau IDOS versi 6.1.2. 

Sistem operasi besutan Advan ini memang memakai basis Android Marsmallow 6.0, namun Advan membungkus Marsmallow mereka pada smartphone Advan G1 dengan IDOS, sehingga terlihat berbeda dengan kebanyakan smartphone Android Marsmallow lainnya.

Direktur Pemasaran Advan Tjandra Lianto menjelaskan, IDOS terbaru hadir dengan empat pembaruan utama yakni keamanan, atau security, manajeman pintar atau smart management, power saving dan unique feature.

Tjandra menuturkan, hadirnya IDOS versi ke-6 ini merupakan komitmen perusahaan untuk tak hanya ingin dikenal sebagai produsen hardware saja, tapi juga mampu mengembangkan software demi kenyamanan pengguna. 

Beberap fitur dengan rasa Indonesia yang hadir khusus pada Advan G1 di antaranya:

Keamanan

1. Anti Theft

Tjandra mengatakan kebutuhan keamanan begitu penting bagi pengguna saat ini. Untuk itu, Advan menghadirkan sejumlah fitur keamanan pada seri G1. 

"Smartphone itu tak butuh begitu spesifikasi. Semua sama. Tapi yang diinginkan orang adalah fitur keamanan yang mengamankan handphone dari tangan jahil," kata dia ditemui di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2017. 

Pada fitur in, Advan menghadirkan Anti-theft atau anti pencuri. Fitur ini bekerja pada bagian paling awal akses pengguna. 

Fitur ini melindungi pengguna dari akses asing ke smartphone. Saat akses asing memasukkan password tiga kali salah, maka G1 secara otomatis akan memfoto akses asing tersebut. 

Nantinya saat pengguna membuka kode password, G1 akan memberitahu bahwa telah ada upaya akses G1 dengan menampilkan wajah pengakses asing tersebut. 

2. Sistem enkripsi data pengguna

Fitur ini melindungi data pengguna dengan sistem enkripsi ber-password saat transaksi atau belanja daring. 

Tjandra mengatakan, kelemahan sistem enkripsi selama ini menjadi celah bagi peretas untuk menjalankan aksi pembobolan. 

"Data penggunaan di cookie bisa dilacak hacker. Makanya fitur ini menata ulang cookiesuntuk amankan pengguna saat belanja daring," ujar Tjandra. 

3. App Lock

Fitur ini menjaga privasi pengguna dengan mengunci deretan aplikasi tertentu untuk menjaga keamanan. Dalam praktiknya, pengguna akan dimintai untuk memilih daftar aplikasi yang ingin tetap privat.

4. Guest Mode

Fitur yang satu ini mengamankan data riwayat pengguna pada perangkat. 

Guest Mode cocok diberikan untuk menyamankan pengguna, saat ada keluarga terdekat atau teman ingin meminjam laptop pengguna. 

Biasanya saat meminjamkan laptop ke orang lain, pengguna diikuti kekhawatiran akses yang tak diinginkan pengguna. Maka fitur ini menjadi solusinya. 

"Jadi pada Guest Mode ini, pengguna lainnya akan mengakses window lain yang berasal dari pabrikan," ujarnya. 

Penghematan daya

Advan menghadirkan sejumlah fitur power saving yakni All Time Saving untuk penghematkan penggunaan normal, Smart Saving mampu mengenali aplikasi yang berjalan dan menyesuaikan penggunaan daya dan Ultra Saving merupakan penghematan ekstrem, dengan mengutamakan fungsi dasar komunikasi. 

Smart management

1. Health Guard

Fitur ini memantau penggunaan perangkat pengguna dan pengingat untuk selalu menjaga kesehatan. 

2. Picture in Picture

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa beraktivitas sambil menampilkan layar kotak kecil di smartphone-nya. Penampilan video yang mengecil bisa disaksikan kapan saja dan di mana saja. 

3. QR Scan ID

Fitur ini membantu pengguna dengan menyimpan data kontak Anda cukup dengan memindai barcode ID yang lebih keren, praktis dan personal. 

Fitur khas

Tak cukup menghadirkan aplikas iyang memudahkan penumpang, Advan memoles IDOS versi ke-6 ini dengan rangkaian fitur asyik di antaranya

1. Shake to shot and play

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengakses kamera dengan cepat tanpa mengubah posisi tangan. Pengguna cukup menggoyangkan perangkat untuk terakses ke kamera.

2. Shake to Play

Fitur ini membantu pengguna mendengarkan musik menjadi lebih berbeda pengalamannya. Cukup goyangkan smartphone, sebuah lagu maka bakal ganti. 

3. Quick touch

Ini merupakan fitur jalan pintas untuk bermacam-macam aktivitas. Mulai dari Home, Screenshot, Airlane mode.

4. One touch command

Cukup dengan satu sentuhan fitur ini untuk melakukan fungsi tertentu. Misalnya menekan satu tombol untuk membersihkan sampah memori. 

5. Quick Universal Search

Fitur ini memudahkan pengguna mencari aplikasi yang diinginkan. Pengguna cukup men-swipe ke atas dan masuk ke Quick universal Search untuk mengetik aplikasi yang diinginkan. 

6. Panduan muslim

Aplikasi ini sangat berguna bagi pembaca. Memudahkan pengguna untuk menyadari datangnya iqomah, panggilan salat dan lainnya, letak masjid terdekat, kiblat dari waktu ke waktu, restoran halal dan arahan membaca Alquran. 

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP