TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

19 April, Bumi Juga Bakal Dilintasi Komet

Selain itu akan melintas juga asteroid 2014 JO25
19 April, Bumi Juga Bakal Dilintasi Komet
komet pan starr (CNN)

VIVA.co.id – Tidak hanya asteroid yang bakal melintasi bumi pada 19 April nanti, sebuah komet juga diperkirakan akan bergerak dekat dengan bumi, namun dalam jarak yang masih aman.

Komet tersebut bernama PanSTARRS atau C/2015 ER61. Batu besar yang bergerak sepanjang angkasa luas itu akan melintasi bumi dengan jarak 109 juta mil atau setara denga 174 juta kilometer.

Yang menarik komet PanSTARRS ditemukan oleh tim survei dari NASA, Near Earth Object (NEO) pada 2015. NEO menemukan PanSTARRS menggunakan teleskop yang berlokasi di Haleakala, Hawaii.

"Saat komet itu ditemukan, cahayanya masih redup dan tidak terlalu kentara. Makin mendekat, makin terlihat jelas dan bisa dilihat dengan teleskop kecil atau binokular," ujar pihak NEO, seperti dikutip dari IB Times.

Sebelumnya diberitakan jika asteroid juga akan melintasi bumi, yakni 2014 JO25. Asteroid ini juga ditemukan NEO pada 2014 lalu.

Batu luar angkasa ini memang berukuran raksasa dengan ukuran 2.000 kaki atau setara tinggi menara Shanghai, gedung tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia.

2014 JO25 akan melintas dengan jarak cukup dekat dengan bumi, sekitar 1,1 juta mil, atau sekitar lima kali lipat jarak antara bumi dan bulan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP