TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Diam-diam, Apple Bikin Sensor Diabetes Canggih

Sensor diabetes itu adalah visi dari Steve Jobs.
Diam-diam, Apple Bikin Sensor Diabetes Canggih
Salah satu cara mengetahui adanya diabetes adalah lewat tes gula darah.  (Pixabay/TesaPhotography)

VIVA.co.id – Apple dikabarkan sedang mempekerjakan tim rahasia untuk mewujudkan inisiatif sang pendirinya, Steve Jobs. Tim rahasia perusahaan teknologi asal Cupertino Amerika Serikat itu sedang mengembangkan sensor diabetes. 

Menurut laporan CNBC yang dikutip The Age, Kamis 13 April 2017, sensor diabetes yang dikembangkan sangat berbeda dengan sensor sejenis pada umumnya. Sensor Apple tergolong canggih, sebab mampu mendeteksi dan memantau tingkat gula darah tanpa membutuhkan sampel darah. 

Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada CNBC, teknologi sensor ini dikabarkan mencakup penyinaran cahaya pada kulit pasien untuk mengukur indikasi glukosa. Teknik paparan cahaya ini sudah hadir pada Apple Watch, yang dipakai mengukur denyut nadi. 

Kabar yang beredar, tim rahasia ini bekerja di kantor yang tak dipastikan, tapi di area dekat markas Apple, yakni di Palo Alto, California. Terkait dengan hal ini, juru bicara Apple masih menolak berkomentar. 

Langkah Apple itu, jika memang benar, maka makin menambah banyak deret inisiatif perkawinan industri farmasi dan perusahaan teknologi. 

Pada tahun lalu, induk Google, Alphabet bekerja sama dengan GlaxoSmithKline membentuk perusahaan gabungan yang bertujuan memasarkan perangkat bioelektronik untuk melawan penyakit, dengan cara menyematkan pada saraf individu. 

Sementara perusahaan bioteknologi AS, Setpoint Medical dan EnteroMedics Inc., telah memamerkan manfaat bioelektronik dalam perawatan rematik dan obesitas. Perusahaan lan yang terjun dalam bioelektronik yaitu Medtronic, Proteus Digital Technology, Sanofi dan Biogen. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP