13-4-1970: Penyelamatan Apollo XIII

Kapsul Apollo 1 yang mengalami tragedi
Sumber :
  • www.history.com

VIVA.co.id – 47 Tahun lalu, misi Apollo 13 menjadi harapan dunia untuk bisa melanjutkan perjalanan manusia ke bulan. Sayang, sebuah ledakan terjadi sehingga menyebabkan pesawat berhenti dan membuat para astronotnya terjebak di luar angkasa.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Para astronot di dalamnya, Fred Haise, Jack Swigert, dan sang komandan Jim Lovell, terjebak di ketinggian 200 ribu mil dari bumi. Ini terjadi lantaran salah satu mesin pendorong berhenti bekerja 132 detik lebih awal. Pesawat Apollo memiliki lima mesin pendorong. 

Akibat salah satu mesin pendorongnya mati, tingkatan ini terpaksa menyala 34 detik lebih lama, serta membuat tingkatan berikutnya, yaitu S-IVB menyala lebih lama 9 detik.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Akibatnya terjebak, mereka kekurangan oksigen dan harus meninggalkan kapal tersebut di lokasi. Mereka pun kembali dengan modul yang telah dipersiapkan. 

Misi ini diluncurkan pada 11 April 1970 dan terjebak dua hari kemudian. Beruntung, ketiganya bisa kembali ke bumi dengan kapsul yang telah disediakan. (hd)

Kalau Kamu Diajak ke Bulan, Apa yang Mau Dibawa?
Astronot NASA yang akan ke Bulan.

NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, telah menunjuk empat astronot yang akan membawa umat manusia kembali ke Bulan setelah jeda 50 tahun.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2023