TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

XL Baru Siap dengan Layanan 5G Empat Tahun Lagi

XL mulai uji coba 5G di luar ruangan.
XL Baru Siap dengan Layanan 5G Empat Tahun Lagi
Perayaan ulang tahun XL Axiata (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk atau XL menyatakan siap mengadopsi teknologi 5G sekitar 2021. Era generasi teknologi komunikasi kelima kemungkinan akan diadopsi secara global pada 2020.

"Dari kacamata XL paling tidak tiga sampai empat tahun (adopsi 5G). Kurang lebih 2020 sampai 2021," ungkap Director and Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, saat membuka uji coba teknologi 5G secara oudoor di Grha XL, Mega Kuningan, Rabu 12 April 2017.

Sementara Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini meyakini, kemungkinan adopsi 5G bakal lebih cepat dibanding sewaktu era 4G LTE. 

Dian beralasan, dengan melihat perbandingan peralihan dari 2G ke 3G dan dari 3G ke 4G. Dia mengatakan, peralihan dari 2G ke 3G, yang memakan waktu sepuluh tahun, ternyata hanya 30 persen pengguna 2G yang beralih ke 3G. Dengan melihat tren itu, Dian mengatakan, saat itu XL merasa pesimis dengan peralihan 3G ke 4G.

Tapi ternyata, perkiraan XL salah. Peralihan 4G lebih cepat diterima pelanggan XL. Maka dari itu, XL optimis 5G akan lebih cepat dari ketika peralihan ke era 4G.

"Kita sudah mulai assignment 5G dari sekarang, yang penting itu ketersediaan spektrum yang dialokasikan pemerintah," ucap Dian.

Sebagai persiapan untuk menjajaki teknologi 5G, XL bekerja sama dengan Ericsson Indonesia yang juga baru saja melakukan demo uji coba teknologi 5G di luar ruangan.

Uji coba dilakukan di halaman luar Grha XL, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Uji coba bertujuan mendalami aspek teknis teknologi 5G, meliputi pemasangan antena radio, BTS serta uji coba teknis. Untuk perangkat baseband di jaringan XL Axiata.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, rata-rata kecepatan teknologi 5G XL mencapai 5,84 - 5,34 Gbps. Teknologi 5G bisa mencapai kecepatan 20 Gbps dan latensi kurang dari 1 ms. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP