TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Terkuak Wajah Wanita Purba Asal Thailand 13.000 Tahun Lalu

Menggunakan metode Facial Approximation
Terkuak Wajah Wanita Purba Asal Thailand 13.000 Tahun Lalu
Wajah wanita purbakala di Thailand (MailOnline)

VIVA.co.id – Peneliti mengaku telah berhasil menggambarkan rupa seorang wanita purba yang berasal dari pemakaman kuno di Thailand. Wanita itu diperkirakan hidup di zaman Pleistocene, atau sekitar 13 ribu tahun lalu. 

Proses penggambaran wajah wanita purba itu dilakukan menggunakan teknologi pemrediksi wajah dua dimensi lewat pengukuran tulang, otot, kulit dan dimensi wajah, yang dibandingkan dengan rupa 720 wanita kontemporer yang hidup di 25 negara di dunia.

Hasilnya, terungkaplah wajah seorang wanita berusia 25 sampai 35 tahun, lengkap dengan tulang rahang yang tinggi dan memiliki mata bulat berbentuk kacang almond. Dipercaya, wanita purba itu hanya memiliki tinggi sekitar 150 centimeter.

Sisa-sisa fosil dan tengkorak wanita tersebut sejatinya ditemukan di wilayah Tham Lod, sebelah barat Thailand, pada 2002. Wilayah dengan banyak gua itu pernah menjadi tempat mukim Homo sapiens yang menggunakan ruang terbuka untuk pemakaman, bermukim dan berinteraksi sosial, serta membuat peralatan.

Namun, 13.500 tahun lalu, wilayah itu mendapat bencana dijatuhi bebatuan. Sejak saat itu, gua di wilayah Tham Lod hanya digunakan untuk memakamkan orang.

"Rekonstruksi wajah dari wanita purba ini berhasil dilakukan dengan menggunakan serangkaian metode verifikasi, yang dikenal dengan nama Facial Approximation. Rekaan ini kemungkinan besar akan mempengaruhi morfologi wajah para wanita saat ini," tulis studi tersebut, yang dilakukan para peneliti gabungan beberapa negara, seperti dikutip dari Business Insider.

Studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Antiquity.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP