TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

19 April, Asteroid JO25 Melintas Dekat Bumi

Melintas sekitar lima kali lipat jarak antara bumi dan bulan.
19 April, Asteroid JO25 Melintas Dekat Bumi
Ilustrasi asteroid dekati Bumi. (Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout)

VIVA.co.id – Sebuah asteroid berukuran besar akan melintas dekat bumi pada 19 April nanti. Meski tidak berpotensi membahayakan bumi namun jarak lintasannya cukup dekat dengan planet manusia.

Asteroid itu dinamakan 2014 JO25. Batu luar angkasa ini memang berukuran raksasa dengan ukuran 2.000 kaki atau setara tinggi menara Shanghai, gedung tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia.

2014 JO25 akan melintas dengan jarak cukup dekat dengan bumi, sekitar 1,1 juta mil, atau sekitar lima kali lipat jarak antara bumi dan bulan.

"Asteroid berukuran kecil kerap melintasi bumi beberapa kali setiap pekan. Namun untuk ukuran asteroid sebesar JO25, ini merupakan jarak lintasan terdekat, sejak Toutatis, yang berukuran 3,1 mil. Kala itu, Toutatis, yang melintas pada September 2004, mendekati bumi dengan jarak empak kali jarak bumi ke bulan," ujar petugas NASA, seperti dikutip dari Fox News.

NASA mengaku telah lama menemukan 2014 JO25. Pertemuan pertama terjadi pada tiga tahun lalu, ketika para astronom memantau Catalina Sky Survey di University of Arizona. Program pemantauan ini didukung oleh program observasi NASA Near-Earth Object (NEO).

"Peristiwa 19 April ini merupakan kesempatan luar biasa bagi kami untuk mempelajari asteroid ini. Para astronom berencana untuk mengamati dengan teleskop yang tersebar di seluruh dunia, mempelajari sebanyak mungkin data yang ada," tulis NASA. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP