TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Mengenal Bahaya Air Keras

Bisa meleburkan logam dan tulang.
Mengenal Bahaya Air Keras
Ilustrasi air keras (www.pixabay.com/TobiasD)

VIVA.co.id – Teror penyiraman air keras kepada penyidik KPK, Novel Baswedan, menyajikan kengerian. Tubunya luka-luka setelah tersiram air tersebut. Air keras memang bahan kimia yang mempunyai daya merusak. 

Peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yenny Meliana, mengatakan, air keras secara umum merupakan asam kuat yang membawa sifat korosif, membahayakan secara fisik. Sebagai gambaran air keras ini bisa merusak logam, apalagi tubuh manusia yang relatif kurang solid. 

"Kalau mengenai logam, air keras bisa meleburkan logam dan jika kena tubuh meleburkan jaringan. Dia bisa membakar kulit bahkan bisa meleburkan tulang," jelas Yenni kepada VIVA.co.id, Selasa 11 April 2017. 

Dia menjelaskan, air keras bersifat korosif karena sifat kimia dari bahan tersebut adalah korosif, misalnya bisa meleburkan logam dan meluruhkan kulit. 

Saat air keras mengenai kulit manusia, maka seketika akan terasa panas terbakar dan terjadi kerusakan di kulit. Jaringan tubuh yang kontak dengan bahan korosif itu akan rusak.

"Berarti bersifat sangat korosif. Jika butuh waktu yang cukup lama (kerusakannya) berarti tak sekorosif sebelumnya," tutur ahli kimia lulusan National Taiwan University of Science and Technology itu.

Dari deretan air keras, Yenni mengatakan, ada beberapa macam, misalnya asam sulfat dengan konsentrasi asam kuatnya 98 persen, asam klorida (37 persen), asam florida sampai asam posfat. 

Yenni mengatakan, sejauh ini tidak ada senyawa penawar air keras. Untuk itu, dia berpesan, dalam hal terkena air keras, langkahnya harus segera ke rumah sakit. 

"Jika tertetes sedikit masih bisa dinetralkan dengan air keran atau air mengalir, tapi jika tersiram segera ke rumah sakit," kata Yenni. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP