TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ada Planet Mirip Bumi, Punya Atmosfer di Sekitarnya

Gliese 1132b memang memiliki ukuran dan massa yang sama dengan bumi.
Ada Planet Mirip Bumi, Punya Atmosfer di Sekitarnya
Gliese 832c (DailyMail.uk)

VIVA.co.id – Ilmuwan menyatakan telah mendeteksi adanya atmosfer di sekitar planet luar yang mirip bumi. Ini merupakan deteksi atmosfer pertama kali karena belum pernah ada planet yang memiliki atmosfer, kecuali bumi.

Dikutip dari science allert, Exoplanet yang dimaksud adalah Gliese 1132b (GJ 1132b) yang terletak 39 tahun cahaya jauhnya dari konstelasi Vela. Atmosfer yang ditemukan tersebut membuat perbedaan GJ 1132b dengan bumi semakin tipis.

"Dari segi massa dan jarak, GJ 1132b juga hampir sama dengan bumi. Ini artinya, GJ 1132b semakin menjanjikan  untuk menjadi target penelitian mencari tanda-tanda kehidupan selain bumi," ujar John Southworth, peneliti dari Keele University di Inggris.

Menurut Southworth, temuan ini memang tidak mendeteksi adanya kehidupan di planet lain namun setidaknya bisa menjadi langkah penting untuk meneliti ke arah yang benar. 

Banyak hal yang bisa dipelajari tentang GJ 1132b namun observasi lebih lanjut tetap harus dilakukan untuk memastikan GJ 1132b sebagai planet ber-atmosfer yang memiiki air. Dengan demikian, GJ 1132b bisa menjadi bumi kedua bagi manusia di bumi.

Diketahui GJ 1132b memiliki massa sekitar 1,6 kali dari bumi dan jaraknya sekitar 1,4 kali dari bumi. Ini yang menjadikannya dianggap sebagai saudara kembar bumi.

Sayangnya, ada yang melakukan penelitian dan menyebut GJ 1132b memiliki suhu udara yang lebih panas ketimbang bumi. GJ 1132b memiliki suhu sekitar 370 derajat Celcius atau sekitar 698 derajat Fahrenheit. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP