TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Android Bakal Bawa Nokia Kembali Berjaya

HMD Global meyakini pertolongan Google bisa kibarkan merek Nokia lagi.
Android Bakal Bawa Nokia Kembali Berjaya
Logo Nokia (www.pixabay.com/Hermann)

VIVA.co.id – Pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global berambisi mengembalikan kejayaan merek smartphone Nokia. Untuk mencapai tujuan itu, HMD Global yakin dengan bantuan dari Google dan Foxconn. 

Perwakilan HMD Global mengatakan, kerja sama dengan kedua perusahaan tu diyakini akan memuluskan jalan merek smartphone Nokia bangkit dari keterpurukan. 

Vice President Middle East and North Africa HMD Global, Per Ekman mengatakan, hal tersebut dalam sebuah event di Dubai belum lama ini. 

Dikutip dari BGR, Selasa, 11 April 2017, Ekman mengatakan, sistem operasi Android akan menjadi 'penolong' bagi smartphone Nokia kembali berjaya. Petinggi HMD Global itu mengatakan, smartphone Nokia yang dirilis HMD Global ke depan akan terus menghadirkan Android yang berbeda dengan smartphone Android yang sudah eksis di pasaran. 

"Mayoritas smartphone di pasar tak punya sistem operasi Android yang seharusnya," ujar Ekman. 

Dia menjelaskan, selama ini vendor smartphone punya tren menambah kulit di atas Android, dengan memodifikasi Android. Sementara, konsumen punya hak untuk mendapatkan versi terbaru dari Android secepat mungkin. 

"Kami akan mendorong versi terbaru dan tambalan segera setelah tersedia dari Google," ujar Ekman. 

Dia mengatakan, HMD Global bersama dengan Google akan bekerja bersama untuk meningkatkan merek Nokia dengan berbagai inovasi terbaru. Misalnya merek Nokia akan mendapatkan inovasi terbaru Google Assistant. 

Namun ambisi HMD Global ini bisa menjadi tantangan. Sebab belakangan ini, Google tidak begitu ngotot memaksakan vendor smartphone memakai Android asli mereka. 

Bisa dilihat langkah Samsung, mitra Google, yang menghadirkan asisten virtual Bixby pada Galaxy S8. Asisten virtual itu nyatanya menyaingi dan berpotensi mengancam Google Asistant. 

HMD Global mencuri perhatian publik pencinta teknologi pada tahun ini. Dalam panggung Mobile World Congress awal tahun ini, HMD Global mengenalkan rangkaian smartphone Nokia, di antaranya Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3. Bedanya dengan smartphone Android yang lain, ketiga smartphone Nokia itu menjalankan sistem operasi Android yang asli dari Google. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP