TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

11-4-1976: Lahirnya Komputer Pertama Apple

Demi memproduksi Apple Computer itu, dua pendiri korbankan harta.
11-4-1976: Lahirnya Komputer Pertama Apple
Komputer pertama Apple, Apple-1 (Wikimedia/Creative Common/Kazuhisa OTSUBO )

VIVA.co.id – Pada 11 April 1976, Apple Computer Company, yang pada masa kini dikenal dengan Apple Inc, merilis produk komputer pertamanya. Produk pertama tersebut dikenal dengan Apple Computer atau Apple-1. Saat itu, produk pertama Apple itu dijual seharga US$666,6. 

Dikutip dari National Geographic, Senin 10 April 2017, Apple Computer dirancang oleh salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak dan bertindak memasarkan produk itu adalah salah satu pendiri Apple lainnya, Steve Jobs. 

Demi bisa memproduksi Apple Computer itu, dua pendiri Apple itu rela mengorbankan harta berharga mereka. Mereka menjual barang pribadi untuk membeli bahan guna pengembangan motherboard 50 komputer pertama Apple.

Tiap Apple-1 yang dihasilkan Apple saat itu lahir dari tangan Wozniak. Perangkat komputer itu dibuat di garasi rumah orang tua Jobs. 

Wozniak mengingat masa-masa perjuangan awal bersama Apple. Dia mengatakan, saat itu, untuk mendapatkan US$1000, dia bersama Jobs berpikir perlu mengembangkan papan sirkuit cetak yang siap dipakai. 

"Saya menjual kalkulator genggam elektronik Hewlett-Packard HP-65 untuk mendapatkan US$500," kata Wozniak. 

Rekan Jobs itu mengatakan ditipu oleh pria yang membeli kalkulatornya. Sebab awalnya, pembeli kalkulatornya membayar setengah dari yang diminta, dan belakangan tidak membayar sisanya. 

Pengorbanan juga dikeluarkan Jobs, yang menjual mobil van VW miliknya untuk mendapatkan modal ratusan dolar AS. 

Secara model, Apple-1 saat itu hadir dengan bentuk yang sederhana. Komputer pertama Apple itu hadir tanpa monitor, transformer, keyboard, minim audi, dan layar video. Awalnya, Apple-1 dirilis untuk Homebrew Computer Club, organisasi hobi aktif di Sillion Valley. 

Komputer bersejarah Apple itu makin naik harganya pada era millenium. Pada 2013, Apple Computer asli dijual US$390 ribu. 

Pada 2016, Apple Inc telah menjadi perusahaan teknologi dunia, dengan jumlah karyawan 115 ribu. Apple memiliki valuasi perusahaan mencapai US$529,3 miliar. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP