TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Robot Cetak Rumah Nyaris Setengah Miliar dalam 8 Jam

Rumah ini bisa dipesan secara daring.
Robot Cetak Rumah Nyaris Setengah Miliar dalam 8 Jam
Rumah hasil cetakan printer 3D buatan Passivcom (www.businessinsider.com/Passivcom)

VIVA.co.id – Membangun rumah yang siap ditinggali, umumnya butuh waktu beberapa pekan dan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Tapi dengan bantuan inovasi teknologi, membangun rumah mewah bisa dilakukan kurang dari setengah hari.

Startup pembangun rumah asal Ukrania, Passivdom telah berhasil menciptakan rumah hanya dalam waktu delapan jam saja. Startup itu menggunakan robot printer 3D untuk mencetak bagian kecil rumah.

Dikutip dari Business Insider, Jumat 7 April 2017, robot pencetak 3D Passivdom dihadirkan untuk mencetak dinding, atap, lantai rumah seluas 380 kaki persegi. 

Menariknya, begitu rumah ini selesai dibangun, bangunan tempat tinggal ini sepenuhnya otonom dan mobile. Energi surya disimpan dalam baterai yang terhubung dengan rumah tersebut. Sementara itu, air di rumah itu dikumpulkan dan disaring dari kelembaban udara. 

Rumah hasil cetakan printer 3D buatan Passivcom

Rumah karya desainer Maria Sorokina itu, juga memiliki sistem pembuangan kotoran independen. 

Biaya pembuatan rumah Passivdom itu senilai US$31.900, atau hampir Rp426,6 juta. Rumah model ini telah bisa dipesan melalui daring di Ukraina dan Amerika Serikat. Perusahaan menjanjikan tahun depan, peminat sudah bisa mendapatkan rumah dalam waktu yang singkat. 

Rumah hasil cetakan printer 3D

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP