Robot Cetak Rumah Nyaris Setengah Miliar dalam 8 Jam

Rumah hasil cetakan printer 3D buatan Passivcom
Sumber :
  • www.businessinsider.com/Passivcom

VIVA.co.id – Membangun rumah yang siap ditinggali, umumnya butuh waktu beberapa pekan dan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Tapi dengan bantuan inovasi teknologi, membangun rumah mewah bisa dilakukan kurang dari setengah hari.

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Startup pembangun rumah asal Ukrania, Passivdom telah berhasil menciptakan rumah hanya dalam waktu delapan jam saja. Startup itu menggunakan robot printer 3D untuk mencetak bagian kecil rumah.

Dikutip dari Business Insider, Jumat 7 April 2017, robot pencetak 3D Passivdom dihadirkan untuk mencetak dinding, atap, lantai rumah seluas 380 kaki persegi. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Menariknya, begitu rumah ini selesai dibangun, bangunan tempat tinggal ini sepenuhnya otonom dan mobile. Energi surya disimpan dalam baterai yang terhubung dengan rumah tersebut. Sementara itu, air di rumah itu dikumpulkan dan disaring dari kelembaban udara. 

Rumah hasil cetakan printer 3D buatan Passivcom

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Rumah karya desainer Maria Sorokina itu, juga memiliki sistem pembuangan kotoran independen. 

Biaya pembuatan rumah Passivdom itu senilai US$31.900, atau hampir Rp426,6 juta. Rumah model ini telah bisa dipesan melalui daring di Ukraina dan Amerika Serikat. Perusahaan menjanjikan tahun depan, peminat sudah bisa mendapatkan rumah dalam waktu yang singkat. 

Rumah hasil cetakan printer 3D

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya