Telusuri Pantai, Gading Mammoth Nyaris 2 Meter Ditemukan

Fosil gading mammoth
Sumber :
  • Twitter/@CITiZAN1

VIVA.co.id – Sekelompok arkeolog amatir menelusuri garis pantai yang terkikis parah akibat erosi, karena perubahan permukaan laut dan perubahan iklim di Mersea Island, Inggris. Mengejutkan, mereka menemukan gading gajah raksasa mammoth yang ukurannya mencapai 1,8 meter

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Peneliti Museum of London Archaeology, Gustav Milne merasa terkejut dengan temuan tersebut. Erosi parah yang terjadi di pantai tersebut, menguak benda-benda arkeolog di pinggiran pantai.

"Kami mengimbau kepada pejalan kaki di pantai untuk melaporkan setiap potongan yang tidak biasa dari objek yang mungkin berubah menjadi harta arkeologi, seperti gading mammoth," kata Milne seperti dikutip Tech Times, Selasa, 4 April 2017.

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Untuk jejak kaki yang ditemukan, lebarnya mencapai enam kaki. Sementara gading memiliki panjang hampir dua meter.

Tapi, untuk gading para ilmuwan tidak berani untuk mengangkat keluar, sebab kondisi gading yang rapuh. Mereka menemukan gading dalam keadaan tertimbun dan muncul sebuah fitur yang mencuat runcing ke atas.

Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

"Dikhawatirkan jika gading diangkat akan hancur," kata Milne.

Akhirnya sampel jejak kaki difoto, begitu juga dengan gading, pasir yang menimbun kemudian digali kemudian mereka abadikan, untuk selanjutnya diteliti dan disusun lagi.

Mammoth diperkirakan hidup selama Zaman Es. Kemungkinan karena faktor ketersediaan makanan dan perubahan iklim mammoth punah sekitar 4 ribu tahun yang lalu.

Sisa-sisa makhluk prasejarah ini terus ditemukan, terutama karena perubahan iklim. Di Rusia, misalnya gading mammoth ditemukan di tundra Siberia karena cuaca yang lebih hangat telah melelehkan lapisan es. lokasi taring terkubur.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya