6 Candaan April Mop Ala Startup

April Mop
Sumber :
  • www.pinterest.com

VIVA.co.id – 1 April sudah lewat, namun kebohongan yang dilontarkan oleh para pelaku April Mop masih terasa. Tidak terkecuali di industri teknologi. Para pelaku startup pun merayakan hari kebohongan sedunia.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Viva.co.id sempat menulis beberapa candaan April Mop yang dilayangkan para pelaku Startup. Misalnya penawaran tiket ke luar angkasa dan antartika. Selain itu juga ada startup yang mencari entrepreneur muda di Indonesia. Tentunya semua itu hanya kelakar.

Ternyata tidak hanya itu kampanye April Mop yang beredar di Indonesia ala startup. Masih ada beberapa kampanye kebohongan lainnya. Berikut ini beberapa kampanye April Mop heboh yang dilakukan startup Indonesia maupun Asia Tenggara.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

1. Menjual tiket ke ujung bumi dan luar angkasa
Kampanye April Mop ini merupakan salah satu strategi Indonesia Flight untuk mengenalkan situs mereka di tengah persaingan bisnis situs travel online yang ketat. Terinspirasi dari perdebatan sengit antarmasyarakat Indonesia mengenai teori Bumi bulat dan Bumi datar. Hal tersebut membuat Indonesia Flight tergerak untuk menawarkan perjalanan untuk membuktikan mana teori bentuk Bumi yang benar. 

2. Beli rumah di Planet Mars
Lamudi, startup portal jual beli properti asal Indonesia memberikan pengumuman yang mengejutkan bahwa kini mereka menyediakan daftar properti yang bisa dibeli di Planet Mars. Bahkan dalam laman web-nya, Lamudi turut memberikan informasi lengkap mengenai luas tanah, jumlah kamar, dan harga yang perlu dibayar. Pengumuman tersebut ternyata tipuan semata untuk memeriahkan April Mop sekaligus kampanye untuk menjaga bumi lebih baik dengan memulai gaya hidup hijau dan ramah lingkungan.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

3. Launching situs Amazon Indonesia
Situs pembanding harga iPrice Group mengumumkan bahwa mereka telah menjadi mitra resmi Amazon Indonesia dengan memberikan bocoran terkait tampilan situs tersebut. iPrice Group bersama Amazon membuat inovasi fitur perbandingan harga untuk layanan pengiriman makanan tradisional bernama Amazon Food. Layanan Amazon Food memungkinan konsumen mendapatkan makanan tradisional dari pelosok tanah air dengan menggunakan drone, pesawat tanpa awak, serta robot yang akan dikirim dalam rentang satu jam saja

Sayangnya, ternyata ini hanyalah bagian kampanye kreatif April Mop dari iPrice Group. iPrice ingin mengirimkan pesan bahwa semua pelaku bisnis, sebesar apapun itu, harus tetap memperhatikan produk-produk lokal dari negara tempat mereka berada.

4. Akselerator startup cari entrepreneur usia 5 tahun
Akselerator startup Silicon Valley, Plug and Play, mengumumkan sedang mencari bakat startup muda dari usia 5 sampai 90 tahun. Namun hal tersebut dibuat semata hanya untuk berpartisipasi dalam perhelatan April Mop. 

Menurut PnP, rentang usia ini, mulai dari usia sekitar lima tahun, merupakan usia terbaik untuk menyerap pengetahuan serta melakukan pembelajaran. Anak-anak ini dapat dibina sedini mungkin untuk menjadi entrepreneur ulung di masa depan.

5. Layanan Go-Pet dari Go-Jek
Go-Jek mengumumkan kehadiran layanan terbaru mereka, yaitu Go-Pet, aplikasi layanan pertama antarspesies. Layanan Go-Pet terdiri dari Go-Clean; layanan untuk mencuci dan membersihkan peralatan hewan, Go-Rek; layanan mentransfer hewan, Go-Food, dan Go-Points; reward points khusus untuk hewan. Sekali lagi, ini hanya kampanye April Mop.

6. Beli jimat online
Qlapa, e-commerce lokal yang khusus menjual produk kerajinan tangan asli Indonesia, pada tanggal 1 April 2017 kemarin mengumumkan kehadiran produk terbaru di platform-nya, yaitu jimat. Jimat dianggap sebagai bagian penting dari kebudayaan Indonesia yang memiliki keunikan dan khasiat yang diwarisi secara turun-temurun. Sayang, meski bisa mengundang tawa netizen, produk tersebut hanya fiktif. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya