Mengenal Galaxy S8, Smartphone Tak Terbatas Samsung

Samsung Galaxy S8
Sumber :
  • Reuters/Brendan McDermid

VIVA.co.id – Samsung akhirnya merilis smartphone terbarunya pada tengah malam waktu Indonesia barat, atau Kamis pagi waktu New York. Smartphone terbaru Galaxy S8 menyita perhatian publik, dengan berbagai inovasinya. 

Benarkah Samsung dan iPhone Beradiasi Tinggi? Studinya Diragukan

Samsung menghadirkan Galaxy S8, dengan sentuhan inovasi yang membuat penggunanya bisa melewati semua kendala yang pernah ditemukan saat menggunakan perangkat mobile selama ini.

President of mMobile Communications Samsung, DJ Koh, seperti dikutip dari The Verge, Kamis 30 Maret 2017, mengatakan, Galaxy S8 hadir dengan perubahan yang menonjol, yakni smartphone pertama tanpa bezel, ukuran layar yang berubah, namun tetap maksimal. 

Samsung Galaxy S9 dan S8, Serupa tapi Tak Sama

"Ini adalah era baru desain smartphone, era tanpa batas, layar tak terbatas. Samsung memiliki komitmen baru untuk keselamatan, kualitas, dan keahlian. Hari ini, kebahagiaan saya mengungkap ponsel yang akan membawa Anda melebihi batas yang Anda miliki selama ini," ujar DJ Koh, saat peluncuran Galaxy S8 di Samsung Unpacked event, di New York City, Amerika Serikat. 

Layar seri Galaxy S8 memang menjadi perhatian publik. Samsung menghadirkan bentang layar Galaxy S8 hadir dengan dua opsi, yakni 5,8 inchi dan 6,2 inchi. Pembeda kentara pada layar Galaxy S8 ini, yakni tanpa bezel yang didesain dengan hitam. Paduan itu membuat layar Galaxy S8 tampak tanpa tepi, seamlessly. Tampilan layar makin menarik dengan sudut membulatnya. 

Samsung Disinyalir Sudah Siapkan 3 Varian Galaxy S9

Paduan itu membuat layar Galaxy S8 makin besar. 

Layar Galaxy S8, merupakan smartphone pertama yang mengantongi sertifikat HDR dari UHD. Maka dengan hal itu, layar Galaxy S8 makin terang untuk melihat konten di dalamnya. 

Tampilan layar yang besar, selain tanpa bezel, juga karena Samsung membuang tombol Home dari layar. Namun, sejatinya tombol Home tak lenyap, hanya saja dihadirkan sebagai tombol Home virtual, yang 'terkubur' di balik layar. Jari pengguna akan merasakan 'denyut' sentuhan begitu memencet tombol ini. 

Bicara soal kamera, Samsung memberikan kamera depan 8 MP dengan autofocus yang mendeteksi wajah. Sedangkan bagian belakangnya, adalah kamera 12 MP. 

Guna mendukung kinerja, Galaxy S8 didukung dengan prosesor 10 nanometer untuk pasar AS, dengan Snapdragon 835, sedangkan di pasar lain, Exynos.

Sementara itu, untuk baterai, Galaxy S8 hadir dengan dukungan kapasitas 3000 mAh dan untuk versi S8 Plus dengan 3500 mAh. Meski kapasitas baterai lebih keci dari S7 Edge, namun Samsung menegaskan Galaxy S8 punya kemampuan pengecasan yang kilat, termasuk dengan pengecasan daya nirkabel. 

Samsung Galaxy S8+

Untuk sistem keamanan, Samsung masih mengandalkan sensor biometrik di tubuh Galaxy S8. Ada tiga sensor iris, sidik jari, dan sistem deteksi wajah. Sensor iris lebih baru dibanding pada versi sebelumnya, sedangkan sistem deteksi wajah mereka sangat cepat dengan menggunakan mesin baru. 

Menariknya, sensor sidik jari ditempatkan di belakang di samping kamera utama. 

Hal lain yang mencolok pada Galaxy S8, yakni hadirnya asisten virtual Bixby yang disebutkan Samsung akan melengkapi pengguna dalam menggunakan smartphone.

Berikutnya, asisten virtual berbeda>>>

Asisten virtual berbeda

Bixby punya kemampuan lebih dibanding asisten virtual yang ada selama ini. Bixby mampu diperintah untuk mengambil tangkapan layar, meningkatkan kecerahan perangkat, membuka pengaturan Wi-Fi, sampai mengirim foto.

Dengan Bixby, Samsung ingin membawa cara baru dalam pencarian di smartphone. 

Menariknya, Bixby punya Bixby Home dan bekerja secara kontekstual sesuai dengan lokasi, aktivitas dan kebiasaan pengguna. 

Samsung masih mempertahankan port headphone audio jack 3,5 mm. Galaxy S8 juga sudah mengantongi sertifikat IP68 yang telah menjadi standar industri smartphone dunia yang tahan air.

Samsung Health, Samsung Pay, untuk membantu menghubungkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan Samsung Connect, smartphone anyar Samsung ini mampu terkoneksi mudah dengan perangkat Internet of Things (IoT). 

"Kami percaya, kemajuan muncul dari penerapan wawasan manusia untuk mau bekerja keras memecahkan masalah dan mengatasi hambatan," kata DJ Koh.

Galaxy S8 akan hadir untuk pengguna mulai 21 April 2017. Dalam kotak perangkat, nantinya pengguna akan mendapatkan headphone AKG. Untuk pengguna di Indonesia, bisa memesan Galaxy S8 mulai 8-18 April, melalui laman www.galaxylauncpad.com. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya