29-03-1983: Komputer Jinjing Pertama Diperkenalkan

TS-80 Model 100
Sumber :
  • PCWorld

VIVA.co.id – Hari ini 34 tahun lalu, sebuah komputer jinjing pertama di dunia berhasil dikomersilkan. Gadget itu dinamakan TRS-80 Model 100.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dilansir melalui This Day in Tech History, TRS-80 merupakan komputer portabel buatan Radio Shack. Ini merupakan gadget cikal bakal notebook. 

Semua orang menyukai TRS-80 ini karena mudah dibawah kemana saja dan desainnya cukup simpel. Di dalamnya juga dilengkapi perangkat yang sangat memudahkan orang untuk mengetik di mana saja. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Tidak heran jika TRS-80 sangat disukai oleh para jurnalis yang bisa menulis artikel langsung di lapangan, kemudian mengirimkan artikel itu ke kantor berita. Semua ini berkat built-in modem yang ada di dalam TRS-80 Model 100.

Desain TRS-80 Model 100 ini sangat simple, mengadopsi komputer PC hanya saja tanpa CPU dan layar monitor yang besar. Komputer ini memiliki layar yang memanjang ke samping, hanya bisa menuliskan 10 baris kalimat. Semua ruang habis dipakai oleh keyboard qwerty. 

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Awalnya, TRS-80 dibuat oleh Kyocera dan aslinya dijual di pasar Jepang dengan nama Kyotronic 85. Sayang, penjualannya sangat lambat sehingga hak cipta mesin pun dijual kepada Tandy Corporation.

Komputer jinjing ini pun dijual oleh Radio Shack di Amerika dan Kanada. Kala itu, penjualannya cukup popular, laku sekitar enam juta unit. (hd)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023