28-3-1910: Pesawat Terbang Air Pertama Lepas Landas

Pesawat terbang air terbang pertama pada 1910
Sumber :
  • www.ctie.monash.edu.au

VIVA.co.id – Sejarah tercipta pada 117 tahun lalu. Perancang Prancis, Henri Fabre berhasil menerbangkan pesawat terbang air pertama di dunia. Fabre menerbangkan pesawat amfibinya yang dinamai Hydravion di Martigues, dekat Marseilles, Prancis. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip dari Wired, Senin 27 Maret 2017, Fabre berhasil menerbangkan Hydravion dengan ketinggian sekitar 1,8 meter di atas air dan menempuh jarak sekitar 1,5 mil. 

Hydravion hadir dengan desain yang sederhana. Panjangnya 8,4 meter dan lebarnya 14 meter.  Bobot pesawat amfibi itu mencapai setengah ton. Sayapnya punya bingkai penutup kapas dan disertakan kayu. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Hydravion bisa mengapung berkat kayu lapis yang dirancang dengan baik. Kayu lapis itu juga membantu daya dorong saat pesawat amfibi ini terbang. 

Soal daya pacu, Hyravion ditenagai mesin putar Gnome 7 silinder dengan 50 tenaga kuda. Mesin itu membantu pesawat amfibi terbang sesaat dengan ketinggian rendah. Saat terbang bersejarah itu, Hydravion punya kecepatan 55 mil per jam. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Menariknya saat menerbangkan Hydravion itu, Fabre tercatat belum pernah memiloti pesawat. Fabre menjadi pencetak sejarah dalam upaya penerbangan pesawat yang lepas landas dari air. 

Pesawat terbang air

Sebelum Fabre, berbagai upaya dilakukan oleh beberapa penemu lain. Misalnya pria Austria, William Kress membangun pesawat terbang air pada Oktober 1901 yang mengambang di air, namun saat itu pesawat tak mampu lepas landas dari air. Belakangan, pesawat Kress itu benar-benar tak bisa mengapung dan malah tenggelam. Kress saat itu sudah terlalu tua, berusia 70 tahun, untuk meneruskan eksperimennya.

Upaya lainnya dilakukan Gabriel  Viosin dan Ernest Archdeacon yang membangun pesawat terbang layang pada 1905, yang lepas landas dari Sungai Seine. Mereka menguji pesawat mereka dua kali, Juni dan Juli 1905.

Namun pesawat itu lepas landas bukan dari tenaga mesin mandiri, tapi ditarik kapal uap. 

Kesuksesan Fabre kemudian menular. Penemu lain, Louis Bleriot dari Praancis dan Glenn Curtiss dari Amerika Serikat berhasil menerbangkan pesawat terbang air.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya