TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Jerman Ingin Atur Layanan Live Streaming

Akan dimasukkan dalam UU broadcast.
Jerman Ingin Atur Layanan Live Streaming
Live Streaming di Periscope (IT Portal)

VIVA.co.id – Teknologi dan internet membuat semua orang bisa menjadi jurnalis serta memiliki siaran online melalui aplikasi live streaming. Pengguna layanan live streaming yang semakin tak terbendung membuat Jerman akhirnya memutuskan untuk mengatur hal tersebut.

Banyak platform live stream yang saat ini bermunculan di dunia maya. Tak terkecuali Facebook Live, Twitch, Youtube, dan lainnya. Semua platform tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung melalui ponsel, tablet ataupun laptop.

Aturan siaran online di Jerman ini baru dalam rangka usulan. Namun, bukan ditujukan untuk pengguna yang melakukan live stream sesaat saja. Aturan live stream di Jerman akan dikenakan ke pemilik channel yang melakukan siaran selama 24 jam penuh.

Dilansir dari Ubergizmo, salah satu yang diincar oleh aturan live stream itu adalah channel bernama PietSmietTV yang melakukan siaran sampai seharian penuh melalui platform live streaming. Dasar aturan itu adalah UU penyiaran yang menyamakan siaran live stream dengan siaran di televisi atau radio.

PietSmietTV diharuskan untuk mendaftar guna mendapatkan izin siaran. Izin itu harus didapatkan sebelum 30 April, jika PietSmietTV masih ingin beroperasi sebagai program siaran live streaming.

Dikatakan regulator di Jerman, meskipun channel itu tidak beroperasi menggunakan jaringan atau frekuensi tradisional seperti TV dan radio, definisi siaran di sini dianggap sudah cukup jelas. Live streaming juga dianggap sebagai penyiaran. Oleh karena itu, channel seperti PietSmietTV diwajibkan untuk memiliki izin siar. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP