1.000 Drone Siap Terbang ke Langit Indonesia

Drone
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Teknologi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak (drone) memang semakin digemari. Bahkan tahun ini ditargetkan akan ada 1.000 drone yang terbang di langit Indonesia.

Wow, Drone Pria Ini Rekam Sesuatu yang Langka di Laut Lepas

Setidaknya ini merupakan target yang dipatok oleh salah satu toko resmi penjualan drone DJI yang terletak di Mal Taman Anggrek. Mereka yakin, dengan tren penggunaan drone yang terus berkembang, dalam setahun akan terjual 1.000 unit.

"Dalam sehari kami menargetkan terjual sekitar dua unit drone DJI. Setahun, kurang lebih 700 sampai 1.000 unit," ujar David, Store Manager DJI Authorized Retail Store di Mal Taman Anggrek, Jakarta, 25 Maret 2017.

Bukan untuk Foto, 5 Orang Ini Pakai Drone untuk Hal Gila

Dikatakan David, setidaknya ada tujuh jenis drone DJI yang dijual di toko tersebut. Beberapa seperti Mavic Pro, Inspire, dan Phantom. Ditambah dengan empat handheld yang juga berfungsi sama, seperti Osmo Mobile.

David tidak memungkiri jika konsumen DJI kebanyakan adalah fotografer dan videografer. Namun, segmen itu bisa meningkat seiring dengan fungsi yang dibutuhkan industri. Misalnya saja untuk keamanan atau tugas search and rescue.

ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu

"Pemakaian drone tergantung fungsi. Phantom itu untuk profesional. Kalau yang hobi jalan-jalan atau traveller cukup pakai DJI Mavic Pro saja. Kalau untuk film maker, akan terbantu pakai Inspire 2," kata David.

Diketahui, toko di Mal Taman Anggrek ini merupakan yang kedua dibangun oleh David. Sementara itu, toko pertama berada di Ratu Plaza sejak tahun lalu.

Targetnya, David ingin membangun toko serupa di setiap wilayah bagian Jakarta. Yang belum terjamah adalah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Investasi untuk satu toko, kata David, tidak lebih dari Rp1 miliar.

"Kami juga berencana membangun flagship store, showroom DJI terbesar di Jakarta. Nanti kami pilih salah satu lokasi yang paling prestisius," ungkapnya.

Dari 11 jenis produk DJI yang dijual di toko ini, salah satu yang paling populer dan banyak peminatnya adalah Mavic Pro yang dibanderol Rp15 juta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya