25-3-1995: WikiWikiWeb Lahir di Internet

Tangkapan layar WikiWikiWeb
Sumber :
  • www.wired.com

VIVA.co.id – Platform kolaborasi internet kini sudah menjadi hal yang umum diakses pengguna era digital. Kolaborasi dalam konteks ini yaitu pengguna internet bisa menambah atau mengubah isi atau informasi tentang suatu hal pada sebuah platform. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip Wired, Jumat 24 Maret 2017, konsep kolaborasi di era digital saat ini populer dijalankan oleh situs web Wikipedia. 

Namun, sebelum lahirnya Wikipedia pada 2001, telah muncul situs yang dianggap berjasa memopulerkan praktik kolaboratif internet. Situs tersebut yakni WikiWikiWeb. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Pada 25 Maret 1995, situs web tersebut lahir dari tangan pengembang Ward Cunningham. WikiWikiWeb di kemudian hari dikenal sebagai situs kolaboratif internet atau wiki pertama di dunia. Meskipun WikiWikiWeb kadang digunakan untuk merujuk kepada Portland Pattern Repository, wiki yang paling pertama diciptakan.

Cunningnam meluncurkan WikiWikiWeb dan mengundang orang pada saat itu untuk menambah atau mengedit konten dalam platform tersebut. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Pada 25 Maret, 22 tahun lalu, Cunningham menginstal WikiWikiWeb pada komputer seharga US$300. Begitu terinstal, dia menghubungkan situs itu ke internet menggunakan modem dial up 14,4. 

"Saya berpikir situs itu sebagai daftar moderasi yang mana siapa pun bisa menjadi moderator dan segala hal terarsip. Situs ini tidak sebatas obrolan saja, tapi memungkinkan untuk sebuah percakapan atau pembahasan," tulis Cunningham saat itu kepada kolaborator. 

Nama WikiWikiWeb dipilih Cunningham karena teringat istilah yang disebut seorang pegawai Bandara Internasional Honolulu tentang transportasi Wiki Wiki Shuttle. 'Wiki Wiki' adalah sebutan ganda dari 'wiki', kosakata dalam bahasa Hawaii yang bermakna 'super cepat'. 

Ide Cunningham mendapat tanggapan baik dan cepat dari para pengguna di internet, sehingga memutuskan nama WikiWikiWeb yang dipakai ketika sebelumnya berniat memberi nama 'QuickWeb'.

Memopulerkan kolaborasi internet, WikiWikiWeb menjadi jalan bagi lahirnya situs sejenis lainnya. Enam tahun usai lahirnya WikiWikiWeb, situs Wikipedia lahir. Belakangan Wikipedia menjadi populer bagi pengguna internet. 

Hingga 2010, Wikipedia masuk dalam enam situs yang paling dikunjungi di dunia. Saat itu, Wikipedia punya lebih dari 3,25 juta artikel dalam bahasa Inggris dan jutaan artikel lainnya dalam berbagai bahasa. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya