Matahari Buatan Terbesar di Dunia Telah Diaktifkan

Eksperimen matahari buatan oleh ilmuwan Jerman
Sumber :
  • www.theguardian.com/German Aerospace Center,

VIVA.co.id – Ilmuwan Jerman mempunyai eksperimen yang unik. Ilmuwan German Aerospace Center telah mengaktifkan ‘matahari buatan’ terbesar di dunia untuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar ramah iklim. 

Mengerikan, Lapisan Es Saat Ini Mencair Lebih Cepat dari yang Diduga

Matahari buatan yang dimaksud yakni, rangkaian 149 lampu sorot proyektor film yang terletak di Julich, 19 mil barat Cologne. 

Fasilitas matahari buatan itu mampu memproduksi 10 ribu kali dari intensitas sinar matahari alami yang ada di bumi. Masing-masing sorot lampu itu setara dengan 4000 kali watt dari bola lampu.

RI Wajib Genjot Upaya Mitigasi Perubahan Iklim, Bambang Brodjonegoro Beberkan Alasannya

Dikutip The Guardian, Jumat, 24 Maret 2017, saat 149 sorot lampu itu dikonsentrasikan pada satu titik, instrumen itu akan menghasilkan suhu sekitar 3500 derajat celsius, dua kali sampai tiga kali dari suhu tungku peleburan logam. 

"Jika Anda pergi ke ruangan itu saat lampu diaktifkan, Anda akan langsung terbakar," jelas Direktur Riset German Aerospace Center, Profesor Bernard Hoffschmidt. 

Kaleidoskop 2023: Harga Bahan Pokok Melejit Bikin Daya Beli Rakyat Terjepit

Tujuan eksperimen ini yaitu mendalami konsentrasi sinar matahari alami untuk menghasilkan daya reaksi sampai bahan bakar hidrogen. 

Eksperimen ini cukup berbeda dibanding yang sudah ada. Selama ini, eksperimen yang sudah ada yakni stasiun tenaga surya menggunakan cermin untuk memfokuskan sinar matahari ke dalam air. Skema eksperimen tenaga surya yakni memanen panas dari matahari untuk memproduksi uap yang akhirnya menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. 

Sementara itu, eksperimen matahari buatan ini menyelidiki kemungkinan skema yang mirip yang bisa dipakai untuk daya reaksi dalam mengekstrak hidrogen dari uap air, yang kemudian bisa dipakai sebagai sumber bahan bakar pesawat dan mobil. 

Ke depan, ilmuwan ingin sinar matahari alami di masa depan bisa dipakai untuk menghasilkan hidrogen dengan cara netral karbon.

"Kita perlu jutaan ton hidrogen karena kita ingin mendorong pesawat dan mobil yang bebas karbon dioksida. Perubahan iklim datang dengan cepat maka kita perlu juga mempercepat inovasi,” ujar Hoffschmidt. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya