Gerhana Satelit Bikin Siaran NexMedia Byar Pet

Ilustrasi menonton televisi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jangan heran jika beberapa hari belakangan, pengguna Nexmedia mengalami ketidaknyamanan dalam tampilan tayangan. Dalam sehari, satu channel bisa berhenti tayang dalam berkali-kali.

Nexmedia Tutup, Diganti Sama Vidio Premiere

"Mohon maaf siaran Anda terganggu dikarenakan terjadinya fenomena alam yang kurang lebih akan berlangsung 2-12 menit. Ini dikarenakan Sun Outage (kondisi bumi-satelit-matahari dalam posisi sejajar). Siarang akan kembali normal dalam beberapa saat," tulis pihak Nexmedia yang ditampilkan dalam layar.

Pemberitahuan itu juga diungkap Nexmedia melalui akun resmi mereka di Twitter – yang memiliki follower sekitar 38.200. Diketahui, fenomena byar pet ini telah terjadi sejak 19 Maret dan akan berlangsung sampai 27 Maret 2017.

Layanan TV Berbayar Nexmedia Resmi Pensiun 1 September 2019

Dijelaskan pihak Nexmedia, Sun Outage atau gerhana satelit merupakan fenomena alam yang terjadi setiap dua kali dalam setahun. Pada saat itu, posisi bumi, matahari dan satelit pemancar yang digunakan siaran Nexmedia, berada sejajar.

"Tayangan yang diterima oleh Nexmedia dipancarkan dari beberapa satelit berbeda yang kemudian diterima oleh stasiun transmitter basis (BTS) kami di bumi dan didistribusikan ke pelanggan menggunakan teknologi DVB-T. Fenomena sun outage akan menggangu penerimaan sinyal dari satelit ke stasiun transmitter Nexmedia yang akan menyebabkan gangguan selama beberapa saat pada kualitas tayangan yang diterima oleh pelanggan di rumah," jelas Nexmedia.

Ingin Pasang TV di Mobil LCGC, Ini Kisaran Harganya

Sering dan Lama

Kondisi byar pet ini memang tergolong sering dan lama. Hal ini sangat wajar mengingat Nexmedia menggunakan banyak satelit pemancar. Dalam data Sun Interference Fall Year 2015, tercatat Nexmedia menggunakan 8 satelit pemancar, mulai dari Telkom 1 sampai Maesat 3.

Dikonfirmasi ke Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Thomas Djamaludin mengamini adanya gerhana satelit ini. Menurut Thomas, ketika arah satelit sama dengan arah matahari, gelombang radio dari matahari mengganggu sinyal dari satelit.

"Bisa terjadi dalam beberapa hari, sekitar tengah hari, sekitar Equinox (Maret dan September). Semua satelit terganggu, yang berbeda adalah waktunya. Lamanya sangat bergantung posisi segarisnya satelit-matahari. Paling singkat satu menit, paling lama belasan menit," kata Thomas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya