20-03-1999: Rekor Keliling Dunia dengan Balon Udara Tercipta

Persiapan menerbangkan balon udara. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Zoubeir Souissi

VIVA.co.id – 18 Tahun yang lalu, sebuah rekor dicetak oleh dua orang pria, yakni Brian Jones dan Bertrand Piccard. Jones dari berasal dari Inggris dan Piccard berasal dari Swiss.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dilansir Today in Science, Senin, 20 Maret 2017, Jones dan Piccard lepas landas dengan balon Breitling Orbiter 3 dari Château d'Oex, Swiss, dalam navigasi balon non-stop pertama mengelilingi dunia pada tanggal 1 Maret 1999. 

Kemudian, mereka mendarat di Mesir setelah penerbangan sejauh 45.755 kilometer selama 19 hari 21 jam dan 47 menit, hampir 20 hari.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Atas keberhasilan itu, mereka memperoleh penghargaan Harmon Trophy, FAI Gold Air Medal dan Charles Green Salver.

Menariknya, Piccard juga seorang psikiatris. Ia adalah seorang dosen dan pengawas di Swiss Society for Medical Hypnosis. Kakeknya Auguste Piccard dan ayahnya, Jacques Piccard, dikenal sebagai penemu dan penerbang balon.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Sewaktu kecil,  dia dibawa ke peluncuran beberapa pesawat luar angkasa dari Tanjung Canaveral. Ia menjadi seorang pilot hang-glider dan memiliki ketertarikan pada penerbangan pesawat ultra-ringan. (hd)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023