TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Fenomena Equinox Akan Terjadi 21 Maret dan 23 September

Banyak orang yang menganggap, fenomena Equinox menyeramkan.
Fenomena Equinox Akan Terjadi 21 Maret dan 23 September
Warga Prancis menyejukkan diri dari cuaca panas di Miroir d Eau, Bordeaux. (REUTERS/Regis Duvignau)

VIVA.co.id – Bumi akan mengalami fenomena alam Equinox dalam waktu dekat. Di belahan bumi lain, Equinox akan terjadi pada hari ini, 20 Maret 2017. Namun, di Indonesia, Equinox akan muncul pada 21 Maret.

Banyak orang yang menganggap, fenomena Equinox akan buruk dan menyeramkan. Namun, sebagian lainnya menganggap Equinox, merupakan fenomena biasa yang mengawali masuknya musim semi, atau gugur.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan, Equinox merupakan bahasa latin dari aequus (equal/sama) dan nox (malam). 

"Ini merupakan dua hari dalam setahun, ketika poros bumi miring, atau jauh dari matahari, sehingga menghasilkan durasi waktu yang sama antara siang dan malam, di wilayah mana saja di bumi," tulis NOAA, seperti dikutip dari WCPO, Senin.

Artinya, dalam beberapa hari ke depan, malam dan siang akan benar-benar berdurasi 12 jam. Bahkan, dipercaya siang hari akan berlalu lebih cepat. walaupun dengan durasi sampai 40 derajat celsius.

Equinox tahun ini akan berlangsung 21 Maret dan 23 September. Di belahan bumi utara disebut sebagai Vernal (Spring) Equinox, sedangkan di belahan bumi selatan disebut Autumnal (gugur) Equinox. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP