TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

17-3-1948: Lahirnya Bapak Cyberspace

Istilah itu lahir dari cerpen.
17-3-1948: Lahirnya Bapak Cyberspace
Ilustrasi internet. (Pixabay)

VIVA.co.id – 17 Maret 69 tahun lalu, penulis dan esais fiksi spekulatif Amerika-Kanda, William Gibson dilahirkan. Figur Gibson memang tak banyak dikenal secara luas, namun melalui imajinasinya, penulis kelahiran Conway, Carolina Selatan, AS itu merupakan orang yang pertama kali mengenalkan istilah ‘cyberspace’, yang populer saat ini. 

Dikutip dari Wired, Jumat 17 Maret 2017, jejak Gibson dalam dunia menulis muncul saat usianya masih belia, 6 tahun. Ditinggal meninggal ayahnya, Gibson saat itu diajak pindah ke penggiran Wytheville, Virginia. Di pedesaan itu, dia menghabiskan waktunya membawa buku fiksi ilmiah. Saat beranjak remaja, ibunya meninggal. Pada usia 18 tahun, Gibson mencari penghibur diri dengan mulai menggali tentang fiksi ilmiah. 

Awal karier tulisannya muncul pada akhir 1970-an. Karyanya saat itu mengeksplorasi tentang efek teknologi, sibernetika, dan jaringan komputer pada manusia. Karyanya itu kelak akan membantu melengkapi khasanah internet pada 1990-an. 

Gibson melahirkan istilah 'cyberspace' melalui cerita pendeknya berjudul 'Burning Chrome' yang muncul pada 1982 dan makin dipopulerkan konsep 'cyberspace' dalam debut novelnya yang berjudul ‘Neuromancer’ pada 1984. 

Karya awal Gibson itu dikreditkan telah mengubah sastra fiksi ilmiah yang berbeda dibanding pada 1970-an yang mana saat itu banyak karya sastra fiksi ilmiah dianggap tidak penting. 

Sejak kelahirannya, istilah 'cyberspace' kian berkembang. Dalam era modern ini, istilah 'cyberspace' lekat dikaitkan mewakili segala hal tentang komputer, teknologi informasi sampai internet. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP