Video Google Street View Jelajahi Danau Lava Terbesar

Google Street View di kawah
Sumber :
  • Google Street View

VIVA.co.id – Google Street View memperluas pemetaan panoramanya. Baru-baru ini, Google Street View telah memetakan lokasi baru yang ekstrem, peta dalam gunung berapi aktif. 

Viral Mobil Google Maps Nyasar Masuk Kebun, Evakuasi Dibantu Warga

Dikutip dari Mashable, Kamis, 16 Maret 2017, layanan peta 360 derajat itu telah meluncurkan peta danau lava mendidih terbesar di dunia, yang terletak di kawah Marum, Gunung Berapi Ambrym, Vanuatu, di area Samudera Pasifik Selatan. Danau lava mendidih itu diperkirakan setara dengan dua kali ukuran lapangan sepak bola.

Pengguna Google Street View bisa mengeksplorasi bagaimana nuansa danau lava mendidih itu dan desa Endu di pulau tersebut. 

Usai Jebak Pemotor Jutaan Rupiah, Bengkel Nakal di Sentul Tutup

Untuk mengeksplorasi dan merekam danau kawah tersebut, Google mempekerjakan penjelajah Geoff Mackley dan Chris Horsly. Untuk mengeksplorasi dan merekam kawah tersebut, keduanya harus menuruni lereng kawah secara mundur sejauh 1300 kaki atau 396 meter, dengan memakai kamera Trekker 360 derajat. 

Penjelajah mengakui sangat tertantang untuk mereka danau lava panas tersebut. 

5 Potret Lucu Google Street

"Berdiri di tepi danau lava dan merasakan panas menjalari kulit adalah sesuatu yang fenomenal. Ini seperti melihat permukaan matahari," ujar Mackley dalam rilis di blog Google. 

Dia berharap peta Steet View danau lava itu akan membuat orang makin menyadari tentang keindahan alam dunia. 

Vanuatu merupakan negara kepulauan dari 80 pulau-pulau kecil yang terletak lebih dari seribu mil di lepas pantai Australia. Pulau Ambrym memiliki dua kerucut vulkanik aktif, yakni Marum dan Benbow. 

Ambrym merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 7 ribu orang yang semuanya bertempat tinggal di hutan hujan di gunung berapi tersebut.

(ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya