TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

16-03-1799: Kelahiran Fotografer Wanita Pertama di Dunia

Anna Atkins juga seorang botanis.
16-03-1799: Kelahiran Fotografer Wanita Pertama di Dunia
Ilustrasi fotografer (Pixabay/Unsplash)

VIVA.co.id – Anna Atkins merupakan seorang ahli tanaman yang dikenal sebagai fotografer wanita pertama di dunia. Dia juga disebut-sebut sebagai orang pertama yang menerbitkan buku bergambar fotografi. Lebih tepatnya, dia wanita pertama yang membuat sebuah foto.

Wanita kelahiran Tonbridge, Kent, Inggris itu sudah menjadi anak piatu sejak umur satu tahun. Dia dibesarkan oleh ayahnya yang merupakan seorang ilmuan, John George Children.

Atkins mulai menggunakan kamera pada tahun 1841. Perkenalannya dengan kamera bermula saat ayah dan suaminya berteman baik dengan Willian Henry Fox Talbot. Talbot adalah penemu dan pioner dari pengembangan fotografi dari bahan peka cahaya di atas kertas atau yang disebut 'calotype'.

Sejak saat itu Atkins terus mempelajari fotografi dari Talbot. Setahun setelahnya Atkin bekerja sama dengan Sir John Herschel menerapkan metode 'calotype' dengan menggunakan dedaunan kering. Foto-foto itu kemudian dijadikan buku olehnya yang berjudul 'Photographs of British Algae: Cyanotype Impressions' yang diterbitkan pada Oktober 1843. Karya ini pun menjadi cikal bakal diterbitkannya 'photo book', dimana isi yang ditampilkan diilustrasikan lewat gambar.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP