Strategi Blaupunkt Boyong Kembali Smartphone ke Indonesia

Blaupunkt Soundphone
Sumber :
  • Viva.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Vendor smartphone asal Jerman, Blaupunkt seperti kehilangan eksistensi di Tanah Air. Sebab, selama dua tahun terakhir, Blaupunkt tidak meluncurkan produk terbarunya, setelah dua produk Sonido diluncurkan pada 2015.

Lanjutkan Sukses Sonido, Blaupunkt Boyong 3 Smartphone 4G

Namun, kini Blaupunkt telah kembali dengan membawa tiga smartphone mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE), yakni  Soundphone S1, Soundphone S2, dan Soundphone J2. Lalu, apa alasan di balik vakumnya Blaupunkt meluncurkan produk di Indonesia?

Chief Operating Officer (COO) Blaupunkt Indonesia, Charles Sigarlaki menyebut bahwa selama dua tahun terakhir, Blaupunkt melakukan riset pasar Indonesia. Sebab, penjualan smartphone premium Sonido tak sesuai harapan.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

"Waktu kami masuk dengan harga Rp4-5 juta, ternyata market Indonesia, kita tahu sendiri, penduduk itu, 70 persen middle low, 30 persen middle high," ujar Charles usai peluncuran tiga produk baru Blaupunkt di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2017.

Kemudian barulah Blaupunkt mengambil inisiatif menciptakan produk level menengah untuk pengguna Indonesia. Dengan produk harga Rp1 juta sampai Rp3 juta, merupakan strategi yang tepat.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Mengenai itu, dia menambahkan, Blaupunkt Indonesia perlu memberikan penjelasan ke Blaupunkt pusat di Jerman. "Birokrasi kan ada di Jerman, kami diskusikan dulu," ujar dia.

Charles menyebut, dua smartphone premium Sonido telah laku di pasaran kurang dari 100 ribu unit. Sementara tiga smartphone 4G LTE Blaupunkt terbaru telah memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen. Untuk produksi, Blaupunkt menggandeng PT Satnusa Persada Tbk yang berlokasi di Batam. (art)

Penandatanganan MoU Ekosistem Wizphone.

Blaupunkt dan Jam Kesehatan Canggih Masuk Ekosistem Wizphone

Selain membeli ponsel baru, bisa juga upgrade ponsel lama.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2019