TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Trump Tertarik Hyperloop Dipakai di AS

Hanya sekadar tertarik, belum sampai menganggarkan dana.
Trump Tertarik Hyperloop Dipakai di AS
Proyek Hyperloop One. (Carscoops)

VIVA.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyatakan minatnya terhadap Hyperloop. Teknologi baru itu merupakan moda transportasi berbentuk tabung atau kapsul berkecepatan tinggi.

Ketertarikan Trump disampaikan ketika menjamu makan pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk di Gedung Putih awal pekan ini. Keduanya membahas rencana infrastruktur untuk AS.

Namun di akhir pertemuan, belum ada rencana konkret dari Trump menyisihkan anggaran untuk proyek Hyperloop. Dia sekadar menunjukkan ketertarikan saja.

Dilansir Futurism, Rabu, 15 Maret 2017, menurut laporan The American Society of Civil Engineers, AS akan membutuhkan sebesar $3,6 trilliun untuk memperbarui infrastruktur seluruh negara AS. Tentunya dalam anggaran sebesar itu, Hyperloop belum masuk hitungan.

Menurut Musk, biaya untuk membuat teknologi transportasi Hyperloop dari Los Angeles ke San Francisco sekitar  $6 miliar. "Kemungkinan biaya per mil adalah $11.5 juta," kata Musk.

Ide Hyperloop oleh Musk ini muncul karena ia frustasi dengan kelemahan proyek rel kereta berkecepatan tinggi di California yang berbiaya US$68 miliar, setara Rp699 triliun, dimulai pada 2013.

Menurutnya, proyek berbiaya besar itu tidak menciptakan transportasi yang cepat, malah kalah dibandingkan transportasi udara.

Untuk mewujudkan transportasi andal itu, Musk mengerahkan 1.000 insinyur dari perusahaan miliknya, Space X dan Tesla sejak 2012. 

Hyperloop merupakan moda transportadi berbentuk mirip kapsul polong yang nantinya berjalan dalam sebuah tabung bertekanan rendah, melesat dengan kecepatan 1.200-1.300 kilometer per jam. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP