15-3-1892: Awal Mula Desain Eskalator Dipatenkan

Ilustrasi tangga berjalan atau eskalator
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Jesse W. Reno adalah penemu pertama eskalator atau tangga berjalan. Reno yang berasal dari New York City, Amerika Serikat itu mematenkan desain eskalatornya tepat hari ini, 125 tahun yang lalu.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dilansir Today in Science, Selasa 14 Maret 2017, pada September 1895, Reno mencoba untuk menerapkan produknya tersebut di Coney Island, Old Iron Pier dan New York.

Tapi, ternyata Reno bukanlah menjadi penggagas pertama ide desain eskalator. Orang pertama yang memiliki desain seperti eskalator yaitu Nathan Ames, yang berasal dari Saugus, AS. Tapi kemudian, desain Ames tidak pernah direalisasikan, sampai akhirnya diambil alih oleh Reno.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Selang beberapa tahun Reno mematenkan produknya, muncul nama Charles D Seebegers. Pada 1897, Seebegers mengklaim sebagai penemu eskalator. 

Perbedaan inovasi keduanya, pada eskalator ciptaan Reno hanya menggunakan ban berjalan yang tidak ada ujungnya. Sementara itu, penemuan milik Charles dilengkapi dengan alat pijakan kaki tangga.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Kemudian pada 1899, Charles bergabung dengan perusahaan Otis Elevatory Company. 

Dengan bergabungnya Charles di perusahaan tersebut, maka muncullah eskalator pertama buatan Otis Elevator Company yang dipasang untuk umum di Paris Exhibition pada 1900. Perusahaan ini tercatat mendaftarkan merek dagang AS, Escalator, pada 29 Mei 1901. 

Pada tahun yang sama, Otis Elevator Company memasang eskalator di toko Gimbal Brothers di Philadelphia. Pada 1901, Otis kemudian membeli perusahaan Reno. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya