TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Seperti Neo di Matrix, Manusia Bisa Belajar dengan Cepat

Bisa serap informasi dan gerakan dengan cepat, kemudian menirukannya.
Seperti Neo di Matrix, Manusia Bisa Belajar dengan Cepat
keanu reeves hadiri pemutaran perdana film John Wick (REUTERS/Mario Anzuoni)

VIVA.co.id – Pernah menonton adegan dalam Matrix, ketika Neo (Keanu Reeves), dalam hitungan detik bisa mempelajari Kung Fu? Tak lama lagi, manusia bisa seperti Neo, bisa menyerap informasi dan gerakan dengan cepat kemudian menirukannya.

Dilansir Telegraph, para peneliti dari HRL Laboratories yang berbasis di California, mengklaim telah memiliki cara agar manusia bisa cepat belajar. Bahkan lebih cepat ketimbang yang dipertontonkan di adegan Matrix.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan menelusuri sinyal elektrik dalam otak milih seorang pilot yang sedang latihan terbang. Data pelatihan terbang itu pun kemudian ditransfer ke subjek lainnya agar bisa mempelajari cara menerbangkan pesawat menggunakan simulator terbang realistik.

Stimulasi Otak

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa subjek yang mendapatkan informasi dari stimulasi otak melalui elektroda di penutup kepala, mampu menerima pelajaran atau informasi lebih cepat. Bahkan mereka mampu menerapkannya, 33 persen lebih baik ketimbang subjek lainnya.

"Ketika anda mempelajari sesuatu, fisik otak secara tidak langsung berubah. Koneksi pun terbuat dan memperkuat prosesnya yang disebut neuro-plasticity. Ternyata, beberapa fungsi otak, seperti kemampuan berbicara dan memori, berada di wilayah khusus di otak," ujar Dr. Matthew Philips.

Dia menjelaskan jika sejatinya sistem tubuh manusia sangat unik, bisa distimulasi. Metode yang digunakan ini ternyata telah ada sejak 4000 tahun lalu oleh bangsa Mesir. Menurut Philips, Mesir menggunakan sengatan ikan listrik untuk menstimulasi atau mengurangi rasa sakit. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP