TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Penemu Web Bicara Tiga Ancaman Besar di Masa Depan

Mulai dari hoax sampai kendali data.
Penemu Web Bicara Tiga Ancaman Besar di Masa Depan
Berners-Lee (home.web.cern.ch)

VIVA.co.id – Penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee menulis surat terbuka memperingati 28 tahun lahirnya web. Dalam suratnya tersebut, Tim menyoroti tiga ancaman terbesar dalam dunia web saat ini. 

Dikutip dari Business Insider, Selasa 14 Maret 2017, Tim Berners-Lee salah satunya mengkhawatirkan menyebarnya informasi palsu alias hoax yang sudah kian mengkhawatirkan. 

Selain penyebaran hoax, Tim Berners-Lee juga merasa hilangnya kendali pengguna atas data mereka dan minimnya regulasi kebijakan iklan politik, merupakan ancaman besar pada dunia web saat ini. 

Untuk penyebaran hoax, Tim Berners-Lee menuliskan keprihatinannya. Sebab hoax menyebar begitu cepat dan seringkali membuat heboh, padahal itu adalah informasi yang tak benar.

"Melalui penggunaan ilmu data dan tentara bot, orang yang punya niat jahat bisa memainkan sistem untuk menyebarkan informasi salah demi keuntungan finansial atau politik," tulis dia. 

Selanjutnya, penemu web juga khawatir saat pengguna internet menyerahkan data pribadi mereka saat mendaftarkan diri ke sebuah situs.

Kekhawatirannya yakni pengguna kehilangan manfaat untuk mengendalikan kendali atas data tersebut. Sayangnya lagi, pengguna tak bisa lagi mendapatkan data mereka dan meminta ke pemilik situs.

"Risiko itu makin besar untuk pengguna yang berada di negara dengan rezim otoriter," tulis dia. 

Bapak web itu juga prihatin dengan canggihnya periklanan yang membuat demokrasi bisa terancam. Munculnya iklan politik menurutnya hadir dengan cara yang tidak etis, yakni dengan dibungkus hoax. 

Sebagai solusi iklan politik, dia menyarankan agar perusahaan untuk mengeksplorasi skema langganan dan pembayaran mikro, dibanding mengandalkan pemasukan dari iklan. 

"Itu telah mengambil semuanya dari kita untuk membangun web yang kita miliki. Dan sekarang terserah kepada kita untuk membangun web yang kita inginkan," kata dia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP