TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Hidup di Mars, Manusia Bisa Jadi Spesies yang Berbeda

Tulang tebal dan warna kulit jadi lebih gelap.
Hidup di Mars, Manusia Bisa Jadi Spesies yang Berbeda
Ilustrasi planet Mars versi Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. (REUTERS/ NASA/JPL-Caltech/Handout/Files)

VIVA.co.id – Berbagai proyek berambisi membawa manusia tinggal di Planet Mars. Namun, hidup di Mars akan berdampak signifikan terhadap kehidupan manusia.

Ahli biologi evolusi Rice University, Amerika Serikat, Scott Soloman menyebutkan, manusia pertama yang menetap di Mars bisa mengalami perubahan evolusioner sangat cepat. Hal ini disebabkan mereka beradaptasi dengan lingkungan yang tidak bersahabat.

Dilansir Mirror, Selasa 14 Maret 2017, dalam bukunya yang berjudul Future Humans: Inside the Science of Our Continuing Evolution, Solomon menyatakan, pigmentasi kulit dan struktur rangka manusia akan berubah sesuai dengan lingkungan Mars.

"Ini (evolusi) juga terjadi secara rutin untuk hewan dan tanaman terisolasi di pulau-pulau," kata Solomon.

Namun, perbandingannya, jika di pulau-pulau evolusi terjadi dalam ribuan tahun. Di Planet Mars, evolusi terjadi lebih cepat dari itu. Hal itu karena kondisi mencolok yang jauh berbeda antara Bumi dan Mars.

Solomon memprediksi, perubahan gravitasi di Mars bisa membuat manusia mengembangkan tulang lebih tebal. Demikian pula dengan warna kulit manusia, mungkin akan lebih gelap, ini sebagai akibat dari pigmen karotenoid. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP