14-3-1960: Teleskop Radio Cetak Sejarah

Teleskop Jodrell Bank
Sumber :
  • www.bbc.co.uk/Mike Peel, Jodrell Bank

VIVA.co.id – 57 tahun lalu, teleskop radio di Inggris mencetak sejarah. Teleskop radio di Jodrell Bank mampu berkomunikasi dengan satelit dengan jarak yang paling jauh. Teleskop tersebut bisa berkomunikasi dengan satelit American Pioneer V pada jarak 407 ribu mil. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Teleskop itu berhasil menjalin kontak dengan Pioneer V setelah satelit itu mencapai orbit sekitar Matahari, antara jalur Bumi dan Venus. 

Dikutip BBC, Selasa 14 Maret 2017, pencapaian itu mengalahkan rekor sebelumnya, komunikasi dengan satelit Uni Soviet Lunix III pada jarak 290 ribu mil di belakang Bulan. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dalam prosesnya, teleskop usai satelit diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida AS, teleskop dipakai untuk memberi perintah ke roket di antariksa. 

Dengan menekan tombol di teleskop tersebut, muatan terpisah dari peluncur roket yang membawa satelit itu.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Kemudian, teleskop sukses mematikan transmiter satelit.  Momen ini untuk membantu mencadangkan daya baterai satelit untuk misi selanjutnya. 

Akhirnya, teleskop mampu menangkap sinyal dari satelit saat berada pada ketinggian 50 juta mil dari Bumi. 

Teleskop Jodrell Bank juga berkontribusi menolong kendali misi satelit di Hawaii. Pada April 1960, kendali misi mengalami problem menjalin kontak dengan satelit tersebut, kemudian teleskop itu memainkan peran untuk mengendalikan satelit. 

Teleskop Jodrell Bank dibangun pada 1957 dan saat itu menjadi teleskop radio terbesar yang bisa dikendalikan. Status itu disandang lebih dari satu dekade sebelum muncul teleskop yang lebih baik. Namun teleskop  Jodrell Bank masih masuk dalam deretan radio teleskop top di dunia. 

Selanjutnya, teleskop tersebut diperbaharui menjadi Mark1a pada 1970.

Selain itu, teleskop Jodrell Bank juga memainkan peran penting dalam persaingan di antariksa, misalnya memelajari emisi radio alam semesta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya