TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Bina 11.000 UKM, Telkom Gelontorkan Kredit Rp360 Miliar

Tahun ini angkanya akan ditingkatkan.
Bina 11.000 UKM, Telkom Gelontorkan Kredit Rp360 Miliar
Telkom Craft Indonesia 2017 (Dok. Istimewa)

VIVA.co.id – Dalam membina usaha kecil menengah (UKM), Telkom tidak tanggung-tanggung. Perusahaan BUMN itu mengaku telah menyalurkan kredit sampai Rp360,92 miliar kepada 10.956 UKM binaan.

Dikatakan Mochammad Sulthonul Arifin, Senior General Manager Community Development PT Telkom, angka tersebut merupakan kredit yang digelontorkan pada tahun lalu. Sedangkan tahun ini angkanya bisa berubah.

"Untuk 2017, angka kredit yang akan disalurkan masih dalam perencanaan namun proyeksinya akan sama atau lebih dari tahun sebelumnya. Ini dilakukan agar tetap masif dan sejalan dengan tujuan pembinaan," ujar Sulthon, dalam keterangannya, Sabtu, 11 Maret 2017.

Selain pinjaman lunak, kata Sulthon, upaya pembinaan terbaru adalah dengan melibatkan 150 UKM binaan terpilih dalam ajang Telkom Craft Indonesia yang dilakukan di Hall A Jakarta Convention Center sejak 10 sampai 12 Maret ini. UKM yang terpilih dalam pameran ini, selain lolos seleksi Tiga Go (Go Modern, Go Digital, dan Go Online) juga karena produknya telah dipasarkan di Blanja.com, e-Commerce besutan Telkom dan eBay.

"Ada tiga jenis UKM yang ikut hadir di Telkom Craft yaitu kerajinan, fashion, dan makanan. Ini wujud nyata kami selalu berupaya meningkatkan kualitas UKM di Indonesia sekaligus implementasi program Rumah Kreatif BUMN dengan UKM dari seluruh Indonesia," imbuhnya. 

Sulthon menerangkan, Rumah Kreatif BUMN berusaha mengikis kesulitan klasik UKM Indonesia. Yakni permasalahan acces to competence (bimbingan standar pengembangan produk, kualitas, manajemen, dan teknologi), acces to commerce (bimbingan akses ke pasar lebih luas melalui penjualan online), dan acces to capital (bimbingan mendapatkan akses permodalan).

Telkom Craft ditargetkan dikunjungi 9.000 orang. Dan selama tiga hari tersebut, sambung Sulthon, UKM akan mendapat penilaian. Mereka yang terbaik akan peroleh penghargaan serta akan mengikuti ajang pameran sejenis di luar negeri.

Beberapa UKM yang hadir dalam pameran ini seperti UKM kuliner rendang buatan Merry Aisir dan Cokelat Durian Cemara dari Balikpapan milik Suhartono. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP