Berkat Internet, UKM Lokal ini Berkibar Jalur Digital

Salah satu UKM dalam pameran Telkom Craft Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Hari ini ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah binaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom ikut dalam pameran Pameran Telkom Craft Indonesia. Pameran UKM berbasis digital pertama kali diselenggarakan Telkom.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Kategori UKM digital dalam konteks ini yang ikut dalam pameran tersebut menggunakan layanan nontunai, T-Cash dan platform Blanja.com, e-commerce milik Telkom, dalam transaksinya. Salah satu UMKM binaan Telkom yaitu Silip Rawi. UMKM dari Palangkaraya ini membuat produk tas unik anyaman dari rotan.

Pemilik Silip Rawi, Sri Tampung, mengungkapkan sebelumnya daerah tempat dia berkarya sama sekali tidak tersedia Internet. Bukit Rawi, wilayah tempat tinggal Sri tinggal, saat itu belum tersentuh internet. Sehingga pemasaran produknya menggunakan cara offline.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

"Sejak dibantu Telkom, penjualan meningkat dua tiga kali lipat," kata Sri kepada VIVA.co.id saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 10 Maret 2017.

Sri sudah dibantu Telkom sejak 2,5 tahun yang lalu. Sri juga dibantu bagaimana cara memasarkan produk.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

UMKM binaan Telkom yang lainnya yakni Global Edu Creativ, UMKM asal Bogor ini membuat boneka Potty dari serbuk kayu. Sejenis boneka Horta yang sempat booming, pada bagian boneka bisa ditanami sayur-sayuran.

Pemilik Global Edu Creativ, Nurfinayati mengatakan, mereka merasa sangat terbantu dengan bantuan dana dari Telkom

"Dana bergulir, semuanya dibiayai Telkom, stand, penginapan," kata Nurfinayati.

Pameran berbasis digital, kata dia, memberikan manfaat untuk peningkatan penjualan, misalnya promo belanja menggunakan T-Cash dan di Blanja. Masing-masing dapat diskon 20 dan 50 persen.

Global Edu Creativ yang lahir sejak 2009 ini sudah dipasarkan lewat media sosial Instagram. Kini pemasarannya melebarkan sayap pada platfrom Blanja.com. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya