TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Cara Telkom Bantu UMKM Tembus Pasar Online

Telkom membina 125 ribu UMKM di seluruh Indonesia.
Cara Telkom Bantu UMKM Tembus Pasar Online
Pameran Telkom Craft Indonesia (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – PT Telkom Indonesia Tbk menyelenggarakan pameran Telkom Craft Indonesia. Pameran ini khusus untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berbasis digital.

Telkom telah membina sebanyak 125 ribu UMKM di seluruh Indonesia. Pada pameran UMKM digital pertama di Indonesia ini, Telkom menghadirkan 126 UMKM terpilih dari ribuan UKMN binaan Telkom dan badan usaha milik negara (BUMN).

Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, mengatakan, Telkom berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Menurut Alex, pada era serba digital ini, UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak ekosistem ekonomi digital di Indonesia.  

"Telkom mengambil peran sebagai enabler atau fasilitator untuk membangun masyarakat digital Indonesia. Salah satunya, dukungan bagi para pelaku UMKM melalui RKB (Rumah Kreatif BUMN), di mana Telkom memberikan bimbingan dan pendampingan pemanfaatan ICT dalam operasional bisnis UMKM," ujar Alex saat pembukaan pameran di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat 10 Maret 2017.

Dengan pameran ini, kata Alex, akan membantu UMKM untuk terakses ke pasar.

Telkom Craft Indonesia merupakan respons BUMN atas program Nawacita pemerintah untuk membangun dan meningkatkan UMKM dan daya saing di pasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. 

Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, yang meresmikan pameran mengatakan, UMKM masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen. 

UMKM juga membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan penjualan online. Yang tak kalah penting, para pelaku UMKM perlu dukungan permodalan.

"Kami berharap, pameran ini dapat menjadi wadah bagi para perajin UMKM lokal untuk menciptakan karya konkret dari sebuah kerajinan serta mengembangkan bisnisnya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di ASEAN, bahkan di kancah global," ucap Rini.

Dalam ajang bertajuk ‘Local Heroes to Global Champions’ ini pengunjung diajak untuk bertransaksi secara digital menggunakan T-cash dan Blanja.com. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP