TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Segera Dibuat, Titik Terdingin di Alam Semesta

NASA akan membuat eksperimen itu di Stasiun Antariksa Internasional.
Segera Dibuat, Titik Terdingin di Alam Semesta
Ilustrasi Stasiun luar angkasa (ISS) (Nasa.gov)

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA sedang menyiapkan proyek baru. Pada Agustus nanti, NASA akan mengirimkan eksperimen untuk menciptakan titik paling dingin di alam semesta. Eksperimen akan dilakukan di Stasiun Antariksa Internasional.

NASA akan mengirimkan eksperimen mendinginkan atom sampai lebih dari 100 juta kali lebih dingin dari lokasi terdalam di antariksa.

Dikutip dari Space, Kamis 9 Maret 2017, perlengkapan eksperimen seukuran kotak es yang disebut Cold Atom Laboratory (CAL), terdiri dari laser, ruang vakum, dan 'pisau' elektromagnetik. Rangkaian peralatan itu akan menurunkan partikel gas sampai nyaris tak punya gerakan.

CAL dikembangkan Jet Propulsion Laboratory NASA dan dijadwalkan akan diterbangkan ke Stasiun Antariksa Internasional pada Agustus tahun ini melalui kapsul kargo Dragon milik SpaceX.

NASA mengatakan, jika eksperimen ini sukses, maka akan membantu mengungkap beberapa misteri terdalam alam semesta.

"Mempelajari atom super dingin ini bisa membangun kembali pemahaman kita dalam materi dan sifat fundamental gravitasi," ujar ilmuwan proyek CAL Jet Propulsion Laboratory NASA, Robert Thompson dalam pernyataannya. 

Thompson mengatakan, salah satu yang bisa dibongkar dengan keberhasilan eksperimen ini yaitu gravitasi dan energi gelap, yang kekuatannya meresap di seluruh alam semesta. Selain itu, peneliti berharap pengamatan CAL akan membawa peningkatan pemahaman dalam beberapa teknologi misalnya komputer kuantum, jam atomik untuk navigasi antariksa dan berbagai jenis sensor.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP