TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Tren Teknologi Seamless Roaming di Router Wifi

Perangkat mobile bisa berpindah koneksi tanpa harus putus jaringan.
Tren Teknologi Seamless Roaming di Router Wifi
Linksys luncurkan router baru (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Memilih router untuk wifi ternyata tidak melulu soal kecepatan namun harus memiliki teknologi pendukung lainnya. Yang terbaru, wifi router diwajibkan untuk memiliki teknologi seamless roaming.

Menurut Sales Manager Linksys Indonesia, Veroniaty Chang, teknologi seamless roaming merupakan salah satu unggulan yang belum ditemukan di perangkat router lain. Padahal teknologi ini memungkinkan perangkat siap digunakan di sekitar rumah dengan selalu terhubung ke titik akses, baik router maupun range extender.

"Dengan seamless roaming, perangkat bisa berfungsi lancar tanpa harus dihubungkan secara manual. Bahkan pengguna tidak perlu lagi khawatir kehilangan koneksi," kata Chang, dalam keterangan resminya, Rabu, 8 Maret 2017.

Dijelaskan Chang, teknologi Seamless Roaming memiliki cara kerja yang sama untuk banyak perangkat di lingkungan rumah. Pengguna dapat berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain, satu lantai ke lantai lain, dengan tetap selalu terhubung ke koneksi Wi-Fi di rumah. Keuntungan lain dari Teknologi Seamless Roaming adalah penggunaan nama jaringan tunggal (juga dikenal dengan sebutan SSID) untuk seluruh jaringan, sehingga lebih mudah untuk selalu tetap terhubung dengan sinyal Wi-Fi.

"Artinya perangkat mobile tersebut bisa langsung berpindah koneksi tanpa memutus jaringan sehingga selalu terkoneksikan ke jaringan Wi-Fi yang memiliki sinyal paling kuat," papar Chang.

Pada perhelatan Consumer Electronic Show tahun lalu, kata Chang, salah satu perangkat milik perusahaannya berhasil meraih kategori Network World Best of CES 2016, yakni EA9500 Max Stream. Router tersebut dilengkapi dengan teknologi Next Gen AC Wi-Fi, MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input, Multiple Output), Tri-Band dan delapan buah antena eksternal berdaya tinggi yang mampu bekerja secara selaras menghasilkan Wi-Fi yang tangguh dalam rentang kecepatan mencapai 5.3 Gbps.  

"Menurut review Tolly Group, EA9500 saat ini adalah router wifi tercepat dipasar dengan kecepatan 57 persen lebih cepat dibandingkan dengan sesama MI-MIMO Tri-band Router lainnya. Kami juga telah mengadopsi seamless roaming di perangkat ini," ujar Chang.

Sebagai salah satu produk router Wi-Fi, Linksys Max-Stream  didukung oleh prosesor dual-core dan kemampuan kecepatan hingga 1.4 GHz yang dapat menghadirkan kecepatan dan fungsionalitas berkelas bisnis pada jaringan di rumah-rumah maupun di kantor-kantor berskala kecil.

Linksys sendiri mengklaim sebagai perusahaan pertama yang sukses menjual 100 juta router secara global dan pemimpin solusi teknologi jaringan untuk rumah 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP