TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

9-3-1934: Manusia Pertama Meluncur ke Antariksa Lahir

Hari ini 83 tahun lalu Yuri Alekseyevich Gagarin lahir.
9-3-1934: Manusia Pertama Meluncur ke Antariksa Lahir
Yuri Gagarin (www.rt.com/Sputnik)

VIVA.co.id – Hari ini 83 tahun lalu, manusia pertama yang meluncur ke antariksa, Yuri Alekseyevich Gagarin, dilahirkan.

Dikutip Today In Science, Rabu 8 Maret 2017, Gagarin merupakan kosmonaut Uni Soviet yang menjadi manusia pertama meluncur ke antariksa pada 12 Apri 1961. Saat mencetak rekor tersebut, Gagaris berusia 27 tahun.

Yuri Gagarin dilahirkan di sebuah desa bernama Klushino dekat Gzhatsk (sekarang berada di wilayah Smolensk Oblast, Russia), pada 9 Maret 1934. 

Yuri merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya adalah seorang tukang kayu hingga Yuri berumur 7 tahun, kemudian ayahnya bergabung dengan angkatan bersenjata.  

Jejak Gagarin untuk sampai ke luar angkasa sudah tercium sejak menempuh pendidikan. 

Pada masa SMA, Yuri memilih untuk belajar sebagai teknisi di sebuah sekolah kejuruan teknik di Saratov. Pada 1955, setelah menyelesaikan sekolah tekniknya, ia terdaftar sebagai murid di sekolah penerbangan Orenburg. Selepas dari sekolah penerbangan, Yuri mendaftar di Akademi Angkatan Udara Soviet. Yuri lulus dari Akademi Angkatan Udara Soviet pada 1957.

Lulus, Gagarin kemudian menjadi relawan kosmonaut pada 1960 dan bergabung dengan kelompok pelatihan untuk tes pilot. 

Bergabung sebagai relawan membawanya terbang ke luar angkasa. Tiga hari sebelum penerbangan bersejarah itu, Gagarin baru diinformasikan dia terpiih untuk menjadi pilot pesawat antariksa Vostok I. Dia berada di luar angkasa selama 108 menit.

Gagarin kemudian meluncur ke antariksa dan mengorbit Bumi sekali dalam 1 jam 29 menit dala ketinggian maksimum 301 Km. 

Usai mencetak rekor itu, Gagarin tidak pernah lagi terbang ke luar angkasa lagi. Dia memilih melatih kosmonaut lainnya dan berkelana ke beberapa negara. 

Sayangnya, manusia pertama di luar angkasa itu meninggal bersama dengan pilot lainnya dalam kecelakaan jet dua awak. Saat insiden itu terjadi dia bersama koleganya sedang menjalani latihan rutin. 

Pencapaian Gagarin itu diakui dunia. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengakui pencapaian itu dengan menetapkan tanggal 12 April sebagai 'Hari Penerbangan Antariksa Internasional'. Dia juga dikenal sebagai pahlawan oleh pemerintah Uni Soviet.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP