TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Transportasi Masa Depan Hyperloop Lirik Indonesia

Perusahaan itu sedang menjajaki uji kelayakan di Indonesia.
Transportasi Masa Depan Hyperloop Lirik Indonesia
Hyperloop One (www.hyperloop-one.com)

VIVA.co.id – Perusahaan transportasi masa depan milik miliuner Elon Musk, Hyperloop Transportation Technologies (HTT) meminati Indonesia sebagai lokasi potensial untuk penerapan sistem transportasi masa depan perusahaan itu. 

Perusahaan ini sedang menjalankan studi kelayakan apakah Indonesia cocok atau tidak untuk penerapan sistem Hyperloop, yang mempunyai kecepatan 750 mil per jam atau sekitar 1.200 kilometer per jam.

Dikutip dari CNBC, Rabu 8 Maret 2017, studi kelayakan akan menentukan langkah ke depan apakah sistem Hyperloop akan bisa berjalan di Jakarta dan menghubungkan Jawa dan Sumatera. 

Perusahaan milik Elon Musk itu melihat, sistem Hyperloop cocok sebagai solusi bagi permasalahan kemacetan di Jakarta.

"Indonesia dan khususnya Jakarta adalah salah satu dari populasi paling padat di dunia, dengan isu besar lalu lintas dan kemacetan, Hyperloop akan menjadi transportasi yang bisa diterima di wilayah itu," ujar Chairman HTT, Bibop Gresta. 

Dia mengatakan, sistem Hyperloop akan menghubungkan kota di Jawa dengan sangat cepat. Sebagai gambaran, HTT memperkirakan, untuk menempuh jarak dari Jakarta ke Yogyakarta, jika dengan sistem Hyperloop cukup 25 menit, lebih cepat dari pesawat terbang yang butuh waktu satu jam lebih. 

Studi kelayakan HTT di Indonesia dilakukan setelah perusahaan itu menjalankan perjanjian penting di berbagai belahan dunia untuk penerapan Hyperloop. Sebelumnya, HTT telah menjalin perjanjian untuk penerapan sistem Hyperloop di Bratislavia di Slovakia dan Brno dan Praha di Republik Ceko. Untuk di Timur Tengah, HTT juga menjajaki kemungkinan penerapan Hyperloop di Abu Dhabi. 

Salah satu proyek sistem Hyperloop yang dikembangkan HTT yaitu Hyperloop One. Ini adalah moda transportasi yang mirip seperti kereta. Bedanya, alat transportasi ini melintas di sebuah pipa khusus berukuran besar.

Untuk bisa memindahkan orang dari satu kota ke kota lain, perlu dibangun jaringan pipa Hyperloop. Agar kapsul berisi penumpang bisa melaju dengan cepat, ruang pipa sengaja dibuat hampa udara. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP