7-3-1933: Game Monopoli Diciptakan

Penemu Landlord Game, Lizzy Magie
Sumber :
  • www.theguardian.com/Anspach Archives

VIVA.co.id – Tepat 84 tahun yang lalu, permainan monopoli diciptakan dan dipatenkan oleh Charles Darrow. Monopoli termasuk permainan papan yang paling terkenal di dunia.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Setelah permainan monopoli dipatenkan oleh Darrow, ia kemudian menjualnya kepada Parker Brothers. Di tangan Parker, game monopoli kemudian meluas. Dia memproduksi monopoli secara luas.

Seperti diansir Today in Science, Senin, 6 Maret 2017, sejarah permainan monopoli ini berawal dari permainan serupa yakni Landlord Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie, permainan ini untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya diri dan memiskinkan para penyewa.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Magie memperkenalkan permainan ini pada tahun 1904. Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. 

Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly. 

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Permainan ini kemudian dipelajari oleh Darrow. Dia mengatur tentang menciptakan versi sendiri, meniru resor favoritnya, Atlantic City. Kemudian membuat berbagai inovasi untuk permainan, bentuk melingkar petakan di atas papan.

Ilustrasi game monopoli

Secara umum, aturan main game monopoli, setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, maka ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera.

Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya