6-3-1992: Heboh Virus Komputer Michaelangelo

Ilustrasi virus komputer.
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA.co.id – Saat belum marak internet, nyatanya virus komputer misterius sudah menyebar di dunia. Virus komputer itu lahir pada 6 Maret 1992. Karena lahir pada tanggal tersebut, virus ini kemudian dinamai virus Michaelangelo, menyesuaikan dengan tanggal lahir seniman abad pertengahan akhir itu.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Virus ini memang tak jelas asal usulnya, tapi kemudian tiba-tiba muncul dan menginfeksi komputer sampai meluas ke seluruh dunia. 

Dikutip Today in History, Minggu 5 Maret 2017, sinyal pertama virus ini muncul pada 4 Februari 1991 di toko komputer Melbourne, Australia. Yang menemukan virus ini adalah ahli antivirus veteran, Roger Riordan. Usai mengintal program, Riordan mendapati sejumlah simbol aneh di monitor komputer. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Kemudian virus itu aktif pada 6 Maret dan langsung merangsek ke hard drive. 

Virus Michaelaagelo memang berbeda dan misterius. Tak seperti virus komputer umumnya yang dibuat seseorang dengan tujuan merusak program atau data di komputer, virus Michaelangelo tidak ada yang bisa melacaknya. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Awalnya virus ini diduga dibuat di Taiwan, tapi tidak ada yang bisa membuktikan dugaan itu. 

Saat asal usulnya masih sumir, virus ini jelas dalam aksinya. Virus ini merusak boot sector pada disket atau hard drive. Seteah merusak boot sector, virus kemudian merusak data di disk dan hard drive komputer. 

Virus itu berkembang keluar batas Australia dan akhirnya sampai ke belahan dunia. 

Studi di Eropa menunjukkan virus ini menyebar utamanya melalui driver disk untuk perangkat keras komputer dari Asia Timur. 

Komputer yang terdampak cukup luas pada masa itu. Tercatat pada 6 Maret saja, sudah 1300 komputer di Jerman yang terdampak virus tersebut. Itu hitungan kasar, menurut para ahli, jumlah komputer terinfeksi yang sebenarnya bisa 10 kali lipat lebih tinggi. Tak ada yang tahu berapa persisnya komputer yang terdampak virus itu. Sementara catatan menunjukkan virus Michaelengelo telah menyebabkan hilangnya data pada 1500 komputer di Jerman.

Sedangkan pakat antivirus terkenal, John McAfee malah memperkirakan virus itu bisa merusak sekitar lima juta unit komputer di seluruh dunia. 

Fenomena virus Michealangelo ini akan menyadarkan industri komputer untuk menciptakan program antivirus. 

Namun belakangan virus Michaelangelo lama menghilang, tapi bukan karena virus itu telah ditaklukkan. Virus misterius ini bukan hilang karena langkah pencegahan dan penyelamatan dari program antivirus. Virus ini hilang seiring dengan usangnya penggunaan disket 5,5 inchi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya