Nenek 81 Tahun Ciptakan Aplikasi iPhone

Masako Wakamiya
Sumber :
  • TEDx

VIVA.co.id – Seorang wanita oktogenarian berhasil membuat aplikasi komputer untuk pertama kalinya. Oktogenarian, atau sebutan untuk orang berusia 80 tahun ke atas, membuat aplikasi untuk iPhone.

Perusahaan Tak Punya Aplikasi Mobile, Siap-siap Ketinggalan

Dia adalah Masako Wakamiya, yang berusia 81 tahun. Bisa dibilang dia merupakan nenek pertama yang menciptakan aplikasi mobile di usianya yang sangat tua itu. Dia mengaku baru mengenal komputer di usia 60 tahun. Sebelumnya, dia telah bekerja selama 43 tahun di sebuah bank ternama di Jepang.

Wakamiya memperkenalkan sebuah aplikasi untuk perempuan. Aplikasi ini sekaligus untuk menghormati tradisi kuno bernama Hinamatsuri atau Hari Perempuan (Girls Day). 

Pamer Aplikasi Baru, Dirut PLN Tampil Bikin Podcast

Wanita berambut bondol itu membuat aplikasi untuk iOS yang mengajarkan orang bagaimana cara tepat  mementaskan boneka tradisional mereka saat festival nanti.

Aplikasi itu bernama Hinadan, kombinasi dari Hina yang berarti boneka, serta Dan yang berarti tingkatan. Dalam aplikasi itu, pengguna diminta untuk menempatkan 12 boneka di posisi yang tepat pada tampilan standar dengan empat tingkatan. Permainan akan selesai jika pengguna sudah mengatur semuanya dengan benar.

New Normal Saat Corona, Belanja Lewat Aplikasi Mobile Jadi Terbiasa

Dalam proses membuat aplikasi, wanita Jepang itu juga membuat blog, yang disediakan dalam bahasa Jepang dan Inggris, untuk mengedukasi pembacanya tahapan dalam membuat aplikasi. Di blog itu dia memberikan banyak video yang berisi perjalanannya. Dia juga mengajarkan bagaimana cara membuat seni lewat aplikasi Excel.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Wakamiya, bisa dicek videonya saat melakukan presentasi di TEDx. Kala itu dia berbicara mengenai bagaimana agar bisa tetap aktif di era digital dalam usia yang sudah uzur.

Aplikasi Hinadan juga telah tersedia di AppStore. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya