25-02-1952: Pabrik Senjata Nuklir Inggris Mulai Beroperasi

Ilustrasi fasilitas pembangkit nuklir di Hinckley, Somerset, Inggris
Sumber :
  • www.shortlist.com

VIVA.co.id – Inggris mulai memproduksi senjata nuklir 60 tahun yang lalu. Ini ditandai dengan mulai beroperasinya pabrik plutonium Windscale di pantau Laut Irlandia, Cumberland.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Diberitakan Today in Science, Inggris sebenarnya merahasiakan keberadaan pabrik tersebut. Tapi ternyata, pada tanggal 17 Februari 1952, Perdana Menteri Winston Churchill lebih dulu mengumumkannya ke publik.

"(Pabrik plutonium Windscale) berencana untuk menguji bom atom pertama buatan Inggris di Kepulauan Monte Bello, di lepas pantai barat laut Australia," ungkap Churchill pada saat itu.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Akhirnya, deklarasi resmi pun diungkapkan pada 25 Februari 1952. Ini untuk menegaskan Inggris memiliki pabrik yang memproduksi senjata nuklir.

Namun, tes pertama bom atom baru dilakukan pada 3 Oktober 1952. Senjata itu disebut Hurricane, uji coba berhasil dilakukan di atas kapal Frigat HMS Plym.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Sejak didirikan, tercatat pabrik plutonium Inggris mengalami dua kali kecelakaan nuklir yaitu karena kebakaran tumpukan plutonium tanggal 8 Oktober 1957 dan karena sebanyak 20 ton uranium dan 160 kilogram plutonium mengalami kebocoran disebabkan ada pipa yang retak pada tanggal 19 April 2005. (ase)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023