Follower Facebook Jokowi Terbanyak ke-9 di Dunia

Presiden Jokowi Bermain Futsal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Firma kehumasan dan komunikasi global, Burson-Marsteller, mengadakan riset mengenai kepopuleran para pemimpin negara yang bertajuk 'World Leaders on Facebook'. Dalam laporan itu ternyata, Facebook Presiden Joko Widodo memiliki jumlah follower terbanyak ke-9 dibanding pemimpin negara lainnya di dunia.

Istana: Isu Jokowi Masuk Bursa Calon Ketua Umum Partai Golkar itu Urusan Internal

Burson-Marsteller mencatat, eksistensi peringkat pertama di media sosial Facebook diraih oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, dengan jumlah pengikut atau follower sebanyak 40 juta. Posisi kedua, yakni Presiden Amerika Serikat, Donald J. Trump, dengan 20 juta pengikut. Sedangkan posisi ketiga ditempati laman institusi dari Indian Premiere, PMO India, dengan 13 juta pengikut.

Posisi lima besar, setelah ketiga yang disebutkan di atas, ditutup oleh Ratu Rania dari Yordania di posisi keempat dengan 10 juta pengikut dan Presiden Turki, Rece Tayyip Erdogan. Di Facebook, Erdogan memiliki 8 juta pengikut. 

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

"Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, dan Presiden Indonesia, Joko Widodo, masing-masing berada di peringkat kedelapan dan kesembilan," kata Don Baer selaku Worldwide Chair and CEO dari Burson-Marsteller dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Jumat, 24 Februari 2017.

Di Asia, kata Baer, Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen; Presiden Indonesia, Joko Widodo; Presiden Filipina, Rodrigo Duterte; dan Perdana Menetri Malaysia, Najib Razak, semuanya memiliki masing-masing dengan lebih dari 2 juta pengikut. 

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut

Facebook Presiden RI itu saat ini memang dipenuhi dengan lebih dari enam juta follower, bahkan hampir 7 juta.

Burson-Marsteller mencatat, terhitung dari 1 Februari 2017, total kombinasi semua pemimpin dunia memiliki total 311,093,076 pengikut. Di 2016, mereka mempublikasikan total 398.982 postingan, dengan 772.441.676 interaksi.

Untuk akun Facebook paling sibuk, BM melihat laman pemerintahan Ethiopia. Facebook Pemerintahan Ethiopia memiliki rata-rata 29 posting per hari di 2016 dan 10,000 post dalam setahun. Pemerintahan Botswana memiliki rata-rata 28 post per hari dan Pemerintahan Honduras memiliki 23 post per hari. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya